Tahun Keempat

Hari ini pengisian mata kuliah eksternal dan Alhamdulilah SIAK-NG gak error kaya semester-semester sebelumnya. Lancarlah pokoknya. Gak terasa semester ini gue semester tujuh, tahun ini tahun keempat gue sebagai mahasiswa. Rasanya baru beberapa bulan lalu gue deg-degan buka account SIMAK UI buat liat hasil tes, tapi pagi ini gue bingung mau ambil mata kuliah pilihan apa lagi untuk ngabisin sisa sks karena mata kuliah wajib udah gue ambil semua.

Tiga tahun, enam semester, bukan waktu yang sebentar. Banyak banget yang udah gue alamin sebagai mahasiswi Rusia UI. Dari yang seneng banget sampe sedih banget. Dari awal-awal yang mati-matian dapetin IP setinggi-tingginya, walaupun gak sampe dapet IP sempurna, sampe dapet IP yang bikin agak nyesel juga, bener sih mempertahankan lebih susah daripada mendapatkan. Dari susahnya ngapalin abjad cyrilic sampe lulus Bahasa Rusia 6. Dari jaman ikut kegiatan maba sampe jadi panitia ospek. Dari awalnya cuma jadi staff biasa di kepanitiaan jurusan dan fakultas sampe sempet ngerasain jadi PJ di kepanitiaan jurusan dan fakultas. Dari ngerjain tugas-tugas yang biasa aja sampe ngerjain tugas luar biasa yang bikin gak tenang tidur, bahkan gak tenang hidup sampe tugas itu selesai. Dari kenal sedikit orang sampe ketemu dan kenal banyak orang baru. Dari jaman gue yang gak suka ikut atau datang ke acara kampus sampe suka dateng ke acara kampus. Dari gak punya pacar sampe punya pacar :p. Dari maba gue ngekos sampe sekarang gue berhenti ngekos. Dari jadwal penuh lima hari seminggu sampe sekarang akhirnya jadi tiga hari seminggu.

Sekarang ini tahun terakhir gue di FIB UI. Rasanya agak gimana ya, ngebayangin semester ini semester gue kuliah bener-bener kuliah karena insya Allah semester depan gue skripsi. Seneng sebentar lagi selesai kuliah dan jadi sarjana. Ada sedih juga kalo ngebayangin gak bisa kaya sekarang lagi kuliah, main sama temen-temen, ke kampus sama pacar, dan bisa ketemu hampir tiap hari. Kadang gue mikir nanti lulus kuliah gue kerja dimana jadi apa, gue bisa survive atau gak atau kerja itu enak atau gak. Namanya juga hidup gak mungkin stagnan, pasti berubah sesuai fasenya jadi nikmati dan jalani sebaik-baiknya saja. Semoga perkuliahan tahun ini selancar pengisian IRS di SIAK-NG hari ini.

Tagged: ,

Leave a Reply

