Another Family

Lagi buka twitter, di timeline lagi heboh pasca PSA Mabim 2013. PSA Mabim itu Pengenalan Sistem Akademik dan Masa Bimibingan buat mahasiswa baru di fakultas gue. Rasanya campur aduk. Iseng ngesearch ‘psa mabim’ dan munculah banyak twit dari maba-maba. Tiba-tiba mellow gak karuan. Gue kangen.

Tiga tahun berturut-turut gue ikut PSA Mabim. Tahun pertama, jelas jadi peserta, waktu itu gue masih mahasiswa baru. Sejujurnya, tahun 2010 itu gak terlalu berkesan buat gue. Kalau maba-maba bilang acaranya berkesan atau karena ada Jendral ( panitia Divisi Disiplin) atau panitia divisi lain, gue sama sekali tidak merasa seperti itu. Mungkin karena gue tidak terlalu konsentrasi saat acara atau sebelum acara gue beberapa kali bolos mengerjakan tugas jurusan. Duh, maaf banget ya Rusia 2010, dulu gue ya gitulah. Tahun kedua, gue jadi panitia PSA Mabim Divisi Disiplin. Dari awal gue isi formulir Open Recruitment, gue cuma mau jadi disiplin. Gue mau jadi disiplin karena gue gak kepengen di divisi lain dan gak merasa cocok juga. Akhirnya diterima dan mulailah ikut rapat bidang. Awalnya kaku dan gue sempet mikir untuk resign dari kepanitiaan ini karena merasa tidak cocok dengan orang-orang di divisi ini. Sampai akhirnya Team Building dan selama semalaman di kampus keluarlah semua sifat asli mereka dan cair semua kekakuan di awal-awal rabid. Sejak saat itu gue merasa menemukan keluarga baru. Semakin sering rabid semakin dekat hubungan sedivisi itu, bahkan setelah rabid gue dan beberapa teman gue masih main-main di Payung Kansas sampai malam. Sampai rumah, gue dan beberapa teman perempuan dari divisi disiplin curhat-curhatan di YM. Tiga bulan terus menerus seperti itu, sampai akhirnya hari H tiba. Selesai Mabim hari terakhir, malam itu satu divisi kumpul dan tidak sedikit yang nangis, termasuk gue. Rasanya sedih harus pisah sama orang-orang ini, walaupun sebenarnya di kampus tetap bisa ketemu. Tahun ketiga, gue kembali direkrut oleh PJ Divisi ini. Gue kembali ketemu beberapa orang dari keluarga Disiplin 2011. Sejujurnya tahun ketiga ini gue tidak merasa terlalu klik dengan divisi ini, tapi karena masih ada beberapa orang dari 2011 gue merasa lebih nyaman.

Gue tidak bermaksud untuk membanding-bandingkan 2011 dengan 2012, tetapi buat gue pribadi kekeluargaan 2011 lebih erat dari 2012. Bahkan sampai sekarangpun 2011 masih tetap akrab, walaupun jarang bertemu. Pernah satu malam beberapa minggu lalu gue mengupdate twitter bahwa gue kangen jaman-jaman 2011 yang biasanya curhat-curhat di YM sampai tengah malam. Tidak berapa lama, satu orang teman gue merespon dan dia bilang kalau dia juga mau menulis status yang sama persis dengan yang gue twit. Rasanya senang kalau ada orang lain yang merasa apa yang kita rasa terhadap orang itu. Tadipun gue mengupdate kalau gue kangen PSA Mabim. Beberapa teman lain juga merespon kalau mereka juga kangen suasana PSA Mabim, dan semuanya keluarga gue di 2011. Sekali lagi gue merasa memang kekeluargaan 2011 lebih erat.

Gue senang bisa kenal dekat dengan mereka semua, 2011 maupun 2012. Mereka keluarga gue yang lain, selain Rusia. Tahun ini gue gak ikut PSA Mabim, rasanya benar-benar beda. Gak ada pengalaman seru PSA Mabim tahun ini. Gue kangen rabid-rabid, latihan fisik, maba-maba dari yang nurut sampai yang rese, harus stand by jam 4 pagi di kampus, gue kangen semuanya. Tapi gue gak sendirian, karena keluarga gue yang lain itu juga ngerasain yang gue rasa dan biarpun PSA Mabim 2011 dan 2012 sudah lewat bertahun-tahun lalu, Disiplin tetap satu keluarga.

Disiplin 2011

Disiplin 2011

Disiplin 2012

Disiplin 2012

Tagged: , , ,

Leave a Reply

