Genderang UI

Menyambung postingan kemarin, Selasa kemarin setelah urusan-urusan di kampus selesai gue dan teman-teman gue pulang. Seperti biasa, gue pulang dengan Commuter Line. Untuk mencapai stasiun kampus, gue harus jalan dari fakultas dan melewati kandang rusa.

Ada yang beda sore itu, anak-anak Madah Bahana UI lagi buka open recruitment. Sebenarnya gak beda juga, karena setiap semester mereka mengadakan open recruitment. Dan setiap promosi ini mereka pasti perform. Sore itu, pas banget gue lewatin kandang rusa mau nyebrang ke stasiun, mereka memainkan lagu “Genderang UI”. Lagu ini semacam lagu wajibnya UI, seharusnya semua sivitas akademika UI tahu lagu ini secara dari maba udah diajarin.

Gak tau kenapa, mungkin ini terdengar berlebihan, gue selalu merinding setiap denger lagu ini. Dari pertama denger lagu ini waktu latihan paduan suara mahasiswa baru gue merinding. Gue pikir mungkin itu euforia diterima di UI, tetapi nyatanya sampai tahun terakhir gue masih merinding.

Tiap denger lagu ini gue selalu inget dulu gue gimana perjuangannya untuk diterima di UI. Itu kenapa gue suka sebel kalo ada yang meremehkan tes penerimaan UI, karena sebenarnya memang gak gampang. Sebenarnya ada perubahan dalam lirik lagu ini tapi bagi gue liriknya tetap bikin gue merinding. Lagu ini biasa dinyanyikan saat wisuda dengan beberapa lagu lain seperti Hymne UI dan Gaudeamus Igitur.

Empat tahun lalu, di Balairung UI gue adalah salah satu dari paduan suara mahasiswa baru yang menyanyikan lagu ini di wisuda. Tahun ini, gue harus jadi salah satu wisudawan yang dinyanyikan lagu ini oleh mahasiswa baru 2014.

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

