Tentang Percaya

Pagi itu ada WhatsApp masuk ke hp gue. Ternyata dari seorang teman gue. Dia lagi galau karena suatu hal. Dia cerita panjang lebar tentang kegalauannya itu. Itu bukan kali pertama, sehari sebelumnya dia juga cerita kalo ada hal yang menggangu pikirannya.

Gue belom lama kenal teman gue ini, baru sekitar sebulanan. Gue dan dia ketemu hampir setiap hari, tetapi tidak pernah membicarakan masalah-masalah pribadi. Gue agak kaget waktu dia tiba-tiba cerita masalah pribadinya. Bukan apa-apa, ya karena itu tadi, gue dan dia baru kenal sebulan ini.

Akhir-akhir ini juga ada salah satu teman yang cukup dekat dengan gue cerita tentang masalahnya dengan pacarnya. Gue tidak minta dia untuk cerita, dia yang datang sendiri ke gue dan menceritakan semuanya. Awalnya gue agak kaget, karena setau gue teman gue ini bukan tipe orang ekstrovert yang gampang menceritakan masalah pribadinya. Semakin lama, dia makin sering cerita ke gue dan gak jarang menanyakan solusi atas masalahnya itu. Selama gue masih bisa membantu, gue membantu.

Dari dua pengalaman gue tadi, gue sempet bertanya ke diri gue sendiri kenapa mereka cerita sama gue? Gue pikir-pikir alasan gue cerita ke orang karena gue percaya. Gak semua orang perlu tau masalah gue dan cuma orang tertentu aja yang gue percaya untuk denger cerita gue, ditambah kalo itu masalah pribadi. Ada perasaan senang, karena teman-teman gue ini mempercayakan gue untuk mendengarkan cerita mereka, walaupun gak setiap saat gue bisa bantu. Gak semua orang juga bisa dipercaya untuk mendengar cerita pribadi orang lain.

Satu hal lagi yang gue pikir penting, dipercaya itu bukan semata-mata sesuatu yang taken for granted. Gue pribadi pun pasti lihat-lihat orang dulu untuk memutuskan apa mereka bisa dipercaya atau gak. Jadi, ketika sudah diberikan kepercayaan sudah seharusnya kepercayaan itu dijaga, jangan disia-siakan. Gak semua orang dengan gampang memberikan kepercayaannya kepada kita. Karena kepercayaan yang sudah dirusak itu gak akan bisa utuh seperti semula.

Tagged: , , , , ,

10 thoughts on “Tentang Percaya

  1. Ridhwan Kurniantoro March 10, 2014 at 5:46 PM Reply

    Bener banget, tapi kalo kepercayaan yang kita kasih udah disalah gunakan kadang kita juga berfikir dua kalu untuk percaya sama orang yang menyalahgunakan kepercayaan yang dulu pernah kita kasih:/

    • Khairunnisa Siregar March 10, 2014 at 7:29 PM Reply

      Iya pastilah namanya jg manusia pasti kecewa kalo kepercayaannya disalahgunakan dan bakal susah utk bikin org percaya lagi. Terimakasih udah mampir

  2. mahasiswa punya cerita March 11, 2014 at 6:28 AM Reply

    bener banget.. Kunci utama itu kepercayaan. So jangn sia-siakan kepercayyan orang lain

    • Khairunnisa Siregar March 11, 2014 at 8:55 AM Reply

      iya jaga kepercayaan yg udah dikasih. anyway, terimakasih udah mampir

  3. Abon March 11, 2014 at 8:31 AM Reply

    kepercayaan bisa diperbaiki kan kak? bisa jadi baru lagi. tapi, gak seperti sebelumnya. tidak akan sama.

  4. Aiman Imtihanah March 11, 2014 at 10:56 AM Reply

    Ahh, liat postingan ini gue jadi merasa bersalah, soalnya dulu gue pernah nyia-nyiain keprcayaan temen gue… Dan, emang sih ngerasanya tuh bersalah banget, dan insya allah tidak akan diulangi kembali :’)

    • Khairunnisa Siregar March 11, 2014 at 11:31 AM Reply

      Bagus dong kalo akhirnya lu sadar dan ngerasa bersalah, yang bahaya sih kalo gak sadar dan tetap ngulangin. Terimakasih ya udah mampir

  5. zaenuri achmad March 11, 2014 at 9:00 PM Reply

    Paling penting itu ketika diberi kepercayaan harus bisa menjaganya dalam situasi apapun. Terkadang melakukan hal seperti itu sulit. he he

    • Khairunnisa Siregar March 11, 2014 at 9:08 PM Reply

      Iya bener harus konsisten dan memang sulit. Tapi lebih sulit lagi kalo mengembalikan kepercayaan kalo udah gak dipercaya. Terimakasih udah mampir

Leave a Reply

