VACATION: Pulau Perak

Wah, akhirnya bisa posting lagi setelah kemarin babak belur abis bimbingan. Jadi kali ini gue mau menceritakan liburan singkat gue ke Pulau Perak. Pulau Perak ini masih berada di wilayah Kepulauan Seribu. Iya, gue baru sadar kalau tahun ini tiap bulan ternyata gue udah tiga kali aja ke Kepulauan Seribu. Berasa kunjungan rutin ngahahaha. Gue suka banget ke Kepulauan Seribu, walaupun dekat dari Jakarta dan gak terlalu ribet transportasi dan akomodasinya, masih banyak banget pulau-pulau yang bagusnya di luar nalar. Pulau Karya yang isinya TPU aja bagus banget apalagi pulau-pulau lain.

Jadi ceritanya sahabat gue si Chairul Imam Kurniawan aka Timi bareng Indah, Abi, dan Ari mendirikan Teman Jalan. Apa itu Teman Jalan? Cari tau sendiri di twitter dan blognya hahaha. Jadi Teman Jalan ini EO travelling garapan mereka dan mereka biasa buka open trip ataupun mengurus trip-trip orderan orang, komunitas, kantor, atau apapun. Timi mengajak gue untuk ngetrip bareng ke Pulau Perak pas banget setelah dari Pulau Onrust, Cipir, dan Kelor bulan Februari lalu. Gue langsung mengiyakan karena gue memang sudah jatuh cinta dengan Kepualaun Seribu. Cie gitu.

Seperti biasa, Euis dan Pipi gue ajak juga. Kami bertiga udah excited banget mau liburan bareng, tapi beberapa hari menjelang hari H ternyata Pipi gak bisa ikut karena gak dapet izin dari orangtuanya. Apakah dramanya selesai sampai situ? Tentu tidak. H-1 Timi tiba-tiba WhatsApp gue, dia bilang, “Gue ada urusan mendadak gak bisa ditinggal nih. Gak apa-apa kan kalo gue gak ikut? Indah sama Abi ikut kok”. Waduh, gue belom kenal semua anak-anak yang biasa ngetrip bareng Teman Jalan kecuali Indah dan Abi, itupun gue ragu bakal gak krik-krik.

Sabtu tanggal 22 Maret 2014 gue janjian dengan Euis dan Eki di Kalideres. Pagi itu gerimis dan gue agak kesal karena khawatir trip kali ini terancam batal. Jam 06.30 Euis dateng dan itu udah ngaret satu jam, akhirnya kami bertiga pun naik taksi sampe Muara Angke. Dan benar saja, rombongan Teman Jalan cuma nunggu kami bertiga. 20140325-112833.jpgDuh. Drama yang dikira sudah selesai ternyata masih berlanjut, rombongan Teman Jalan ketinggalan kapal menuju Pulau Harapan dan akhirnya ikut kapal kecil yang menuju Pulau Kelapa. Setelah kurang lebih 3 jam perjalanan, akhirnya kami semua sampai dengan selamat di Pulau Kelapa. Kami transit dan makan siang di rumah Pak Bob, salah satu warga Pulau Kelapa. Setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan ke tujuan sebenarnya, Pulau Perak.

Perjalanan ditempuh selama kurang lebih setengah jam. Ombak gak begitu besar tapi gak kecil juga dan langitnya cerah. Bahagia banget gue haha. Begitu sampai di dermaga, Euis bilang, “Yah, kok rame amat?”. Ternyata bukan hanya kami yang kemping di sana. Ada sekitar 2 rombongan lain dan segerombolan anak sekolah yang ternyata lagi foto BTS. Begitu sampe, kami semua langsung cari spot untuk mendirikan tenda. Gue niatnya mau bantuin tapi ternyata sudah banyak orang jadi gue langsung ganti baju aja hahaha. Rombongan kami kali ini terdiri dari 25 orang dan kami mendirikan 6 tenda. Gak berapa lama tenda jadi, gue setenda dengan Euis, Kak Devi, dan Kak Tata. Kak Devi dan Kak Tata ini sudah pernah trip bareng Teman Jalan ke Papandayan awal Februari lalu.

Tenda rombongan Teman Jalan

Pulau Perak ini sama kaya Semak Daun, pulau tidak berpenghuni. Bahkan lebih parah dari Semak Daun, karena belum ada kamar mandi yang layak. Walaupun sinyal cukup bagus, ternyata listrik belum masuk di pulau ini jadi gue kemarin irit-irit batre HP banget. Pulau Perak gak terlalu besar, sebagian besar masih hutan-hutan. Pantainya kece banget. Airnya biru banget dan keliatan banget gradasi warnanya, pasirnya juga putih dan halus.20140325-112857.jpg

Siang menuju sore itu cerah banget dan agenda kami selanjutnya adalah SNORKLING! Tiga kali ke Kepualaun Seribu tapi baru kali ini gue snorkling, makanya gue excited banget. 20140325-112730.jpgKalau kata Timi, “Orang-orang udah diving, Boy. Lah elu snorkling aja belom pernah”. Sial. Kami semua langsung naik ke kapal yang mengantarkan kami ke spot-spot snorkling. Begitu kapal berhenti di spot snorling pertama, semua langsung siap-siap pake life jacket, fin, dan google. Air yang biru banget bikin gue gak tahan untuk berlama-lama di kapal. Gue langsung nyebur dan gue lupa sama Euis yang masih di kapal karena masih takut nyebur hahaha. Kami gak terlalu lama di spot pertama mungkin cuma sekitar 20 menit. Karena karangnya kurang bagus dan gak terlihat ikan-ikan lucu, Pak Bob menyarankan pindah spot ke dekat Pulau Dolphin. Di spot kedua ini gue liat karang gede-gede, warna-warni, dan bagus banget. Ada ikan-ikan lucu juga bikin gue pengen nangkep dan bawa pulang. Sore hari akhirnya kami balik ke Pulau Perak dan ternyata gue membawa oleh-oleh dari snorkling tadi. Tangan dan kaki gue luka-luka dan berdarah kaya jatuh dari sepeda, padahal gara-gara kena karang. Pas di kapal baru berasa sakit ternyata. Kapok gak snorkling sampe luka-luka? Ya enggaklah, malah pengen lagi.

Akhirnya punya foto underwater

Salah satu terumbu karang

Oleh-oleh snorkling

Sampe Pulau kami semua mandi dan bersih-bersih. Menjelang malam, masak-masak pun dimulai. Gue gak bantu masak malah ke dermaga sama Euis cari-cari yang bisa difoto. Malam itu langit cerah dan bintangnya banyak banget. Gue sama Euis tidur-tiduran di dermaga menghadap langit liat-liat bintang, sayang kami cuma berdua, harusnya bertiga sama Pipi. Sekitar jam 7, gue dan Euis balik ke tenda dan siap-siap makan *gaktaudiri*. Selesai makan, Bang Putra, Oding, Teguh, Averus, dan Gondes mengajak gue main Poker. Tentu saja aku senang hahaha. Kami main Poker sambil haha hihi di pinggir pantai sampe capek. Hal yang gue takutkan ternyata tidak terjadi. Gue bisa ngobrol dan becanda-becanda dengan yang lain tanpa canggung karena Timi gak ikut.

Makin malam, kami semua cuma mengobrol-ngobrol di pinggir pantai. Euis dan Eki bahkan tidur nyenyak di pinggir pantai sama sekali gak keganggu sama suara-suara yang lainnya. Sampe akhirnya kami ditegur istrinya Ernest Prakasa yang tendanya gak jauh dari tempat kami mengobrol karena terlalu berisik. Sekitar jam 2 ternyata hujan turun dan kami semua tidur di tenda sampe pagi.

Pagi hari bangun tidur disambut hujan. Jam 8 hujan reda, gue keluar tenda dan ternyata Oding sudah masak. Gue dan Euis tentu saja bahagia bangun tidur langsung makan haha. Karena masih ada waktu, gue, Euis, dan Abi B (Ada dua orang Abi di rombongan ini) keliling-keliling pulau. Jam setengah 10 kami semua beres-beres dan kali ini gue bantu bongkar tenda dan bersih-bersih di sekitar tenda jadi gue gak gabut-gabut banget. Jam 10 kami semua naik ke kapal yang membawa kami ke Pulau Kelapa untuk makan siang lagi di rumah Pak Bob, kemudian diantar ke Pulau Harapan karena kapal besar yang akan mengantar kami ke Muara Karang berangkat dari Pulau Harapan. Jam 1 kapal dari Pulau Harapan berangkat dan selesailah liburan singkat kami. Terimakasih buat Timi yang udah mengajak gue, Abi dan Averus yang pasrah berkali-kali fotoin gue biar gue punya foto underwater, Oding yang kerjanya ngelawak dan masak-masak mulu, Gondes yang kalah main Poker dan akhirnya bikinin gue kopi, Indah yang motornya dipake buat nganter gue ke rumah, dan semua teman-teman baru di Teman Jalan. See you on next trip!

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , ,

2 thoughts on “VACATION: Pulau Perak

1. Wangga Kharisnu March 25, 2014 at 3:30 PM Reply

Gilaaa asyik banget tuh kayaknya snorkling. Jujur, gue juga belum pernah snorkling kak. Ah sedihnya.

• Khairunnisa Siregar March 25, 2014 at 6:59 PM Reply

Cobain deh ngga gue aja ketagihan. Asik banget apalagi kan laut Bali jg keren keren tuh