KeMANGTEER Jakarta

Suatu sore di bulan September Subhan, teman SD gue, BBM gue mengajak bergabung di suatu komunitas. Gue waktu itu awalnya cuma iya-iya aja, karena saat itu gue memang gak ada kerjaan. Tetapi, setelah gue tau faktanya mangrove Indonesia semakin lama semakin menipis, padahal bahaya sekali kalau mangrove sampai habis, gue akhirnya memutuskan untuk serius bergabung. Akhirnya tanggal 17 September 2011 di suatu restoran di salah satu mall di Jakarta Selatan, KeMANGTEER Jakarta resmi berdiri. Ajakan Subhan sore itu ternyata bukan bergabung dengan KeMANGTEER Jakarta, tetapi mendirikan KeMANGTEER Jakarta. Gue pun menjadi salah satu founding father bersama dengan teman-teman lain dari beberapa universitas di Jakarta dan sekitarnya. Ilham Dewantoro dipilih sebagai ketua pertama KeMANGTEER Jakarta sampai 2013.

304272_1933490786107_660976020_n

Kopdar pertama KeMANGTEER Jakarta 2011

Apa itu KeMANGTEER Jakarta? KeMANGTEER Jakarta adalah singkatan dari KeSEMAT Mangrove Volunteer Jakarta. KeMANGTEER adalah suatu komunitas anak-anak muda yang concern tentang mangrove. KeSEMAT sendiri adalah salah satu UKM jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro yang mengurusi hal-hal berkaitan dengan mangrove. Ternyata antusiasme anak-anak di luar jurusan Ilmu Kelautan cukup besar dan untuk menampung antusiasme mereka maka dibentuklah KeMANGTEER. Waktu gue dan teman-teman gue mendirikan KeMANGTEER Jakarta, Oky Yuripa, salah satu perwakilan KeSEMAT, datang langsung dari Semarang untuk meresmikan dan memberikan pengetahuan dasar tentang mangrove.

Apa saja yang dilakukan KeMANGTEER Jakarta? Hampir tiga tahun berdiri, kegiatan KeMANGTEER Jakarta yang utama adalah penanaman, baik itu penanaman pribadi dari anggota KeMANGTEER Jakarta maupun kerjasama dengan pihak lain. Selain itu, KeMANGTEER Jakarta juga aktif di berbagai acara bertema lingkungan yang diselenggarakan KOPHI, Earth Hour Indonesia, atau Greenpeace. KeMANGTEER Jakarta juga cukup aktif memberikan informasi tentang mangrove di twitter. KeMANGTEER Jakarta juga ikut berpartisipasi di Social Media Festival 2012 dan 2013, dan di SocMedFest 2013 KeMANGTEER Jakarta tidak hanya hadir di booth, tetapi juga menampilkan Batik Bakau Fashion Show.384372_2086146002392_1496980473_n

298357_2086442009792_1964576654_n

First planting

Sejujurnya, gue tidak seaktif teman-teman gue yang lain di komunitas ini. Tetapi gue bangga sekali komunitas yang gue dirikan hampir tiga tahun lalu ini berkembang dan saat ini memiliki cukup banyak anggota.Followers twitter KeMANGTEER Jakarta juga semakin bertambah, dan setelah kehadiran KeMANGTEER Jakarta bermunculan saudara-saudara KeMANGTEER lain dari Jogja, Malang, Tangerang, dan yang akan segera menyusul, Banten. Semoga semakin hari semakin banyak orang yang peduli mangrove dan ikut berkontribusi untuk menanam dan merawat mangrove-mangrove yang tersisa. Semoga KeMANGTEER Jakarta bisa tetap kompak, beregenerasi, tetap berkontribusi, dan selalu menginspirasi.

IMG_1206

KeMANGTEER Jakarta 2013

Tagged: , , , , , , , , , ,

7 thoughts on “KeMANGTEER Jakarta

  1. Nurfadli M March 30, 2014 at 6:13 PM Reply

    widihh…. pendiri komunitas keren… yg peduli lingkungann… keren bgt
    haha Ke MANG TERR… namanya unyu :3

    Anak muda seperti lo yg bikin Indonesia bangga🙂

    salam kenal

    • Khairunnisa Siregar March 30, 2014 at 7:26 PM Reply

      Namanya KeMANGTEER, bukan KeMANGTERR. Amiin semoga bisa bikin Indonesia bangga hehe
      Anyway terimakasih udah mampir

  2. Wangga Kharisnu April 3, 2014 at 4:38 PM Reply

    Hiduup keMANGTER!! Hidup para pelindung lingkungan. Hooiiii

  3. Aditya April 8, 2014 at 10:42 AM Reply

    Di daerah gue juga ada mangrove-nya. Ada yang dijadiin tempat wisata juga. KeMANGTEER bisa punya ‘anak’ di Poso juga gak? hehe

    • Khairunnisa Siregar April 8, 2014 at 11:13 AM Reply

      Bisa banget. Minggu lalu baru aja peresmian KeMANGTEER Serang. Ayo gabung di keluarga KeMANGTEER

  4. wiepoe3 April 4, 2015 at 10:30 PM Reply

    halo, kak. sorry ganggu. aku lagi skripsi ni tentang komunitas yang kakak dirikan, KeMANGTEER Jakarta. aku boleh minta kontaknya gak buat wawancara? sebelumnya aku udah ijin sama ketua KeMANGTEER periode sekarang (Agung). hehe. mohon konfirmasinya via email ya, kak🙂 dwi.poe33@gmail.com
    terima kasih sebelumnya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: