Aturan Naik TransJakarta dan Commuter Line

Semenjak kuliah gue lebih sering menggunakan TransJakarta dan Commuter Line. Selain lebih efisien, gue merasa lebih aman menggunakan kedua jenis transportasi ini dibanding angkutan kota atau bis lain. Semenjak berhenti kos dan magang gue tambah sering menggunakan kedua jenis transportasi ini, terutama TransJakarta. Selama ini ada aja orang-orang yang bikin gue gemes ketika menggunakan kedua transportasi tersebut. Entah mereka gak tahu aturannya atau memang gak peduli, gue gak ngerti. Apa saja yang harusnya diperhatikan ketika naik TransJakarta atau Commuter Line? Menurut gue ketika naik TransJakarta atau Commuter Line seharusnya:

1. Dahulukan yang Keluar

Ini yang paling sering terjadi. Gue tahu kok rasanya nunggu bus atau kereta lama, tapi waktu bus atau kereta datang gak lantas diperbolehkan masuk begitu saja. Dahulukan penumpang yang keluar, baru yang akan naik masuk setelah penumpang yang turun keluar semua. Gue sering banget mengalami kejadian ketika mau turun jadi kedorong masuk karena penumpang yang akan naik gak sabar untuk menunggu penumpang yang akan turun. Sabar sedikit dan lebih tertib gak akan bikin kalian ketinggalan bus kok.

2. Kasih Tempat Untuk yang Lebih Membutuhkan

Ini juga lumayan sering terjadi. Gue pribadi sebisa mungkin gak menggunakan kursi prioritas untuk ibu hamil, manula, dan penumpang difabel walaupun kosong. Sebisa mungkin juga gue memberikan tempat duduk gue ke orang yang lebih membutuhkan. Kita gak tahu suatu saat kita bisa saja ada di posisi mereka dan gak dapet tempat duduk rasanya gak enak banget. Suka gemes aja liat orang-orang yang gak mau memberikan tempat duduknya padahal mereka cuma main HP dan di depannya ada nenek-nenek, kakek-kakek atau ibu-ibu yang menggendong anak berdiri. Coba posisikan kalau suatu saat diri kalian atau orangtua atau kakek nenek kalian yang mesti berdiri dalam waktu yang cukup lama padahal sudah tidak kuat berdiri lama.

3. Jangan Menumpuk di Depan Pintu

Ini sangat menggangu. Gue suka sebel sama orang-orang yang suka banget berdiri di depan pintu padahal di depan atau belakang bus atau kereta masih banyak tempat kosong untuk berdiri. Mungkin mereka takut susah keluar waktu nanti harus turun, tapi kan supir dan petugas bus atau kereta juga akan nunggu penumpang yang turun. Lagipula kalau menumpuk seperti itu selain bikin penumpang yang akan naik susah masuk ke bus, gak enak juga kehimpit di antara banyak orang kaya gitu. Jadi, janganlah berdiri menumpuk di depan pintu kalau masih ada tempat kosong di depan atau belakang.

4. Antri, Antri, Antri

Memang segitu susahnya ya untuk antri? Gregetan banget liat orang gak mau antri dan langsung serobot gitu aja, entah itu antri beli tiket atau antri masuk ke bus atau kereta. Gak mikir gitu gimana rasanya jadi orang yang diserobot itu. Udah mengambil hak orang lain kan berarti. Tertiblah kalo memang mau cepat ya datang lebih cepat supaya gak perlu antri panjang-panjang, jangan malah menyelak antrian. Kalau ada yang menyelak antrian? Jangan ragu-ragu untuk menegur.

5. Jangan Makan, Minum dan Membuang Sampah

Peraturannya memang sudah jelas baik di TransJakarta ataupun Commuter Line tidak boleh makan dan minum, tetapi masih ada aja yang bandel nyolong-nyolong makan atau minum. Atau ada yang makan dan minum selama mengantri, ketika sudah masuk bus sampah makanan atau minumannya dibuang sembarangan di dalam bus.

Jadi sudah tahu kan bagaimana yang seharusnya dilakukan ketika menggunakan TransJakarta atau Commuter Line? Aturan ini sebenarnya juga bisa diterapkan di berbagai angkutan umum kok, tidak hanya di TransJakarta atau Commuter Line.

Tagged: , , , ,

4 thoughts on “Aturan Naik TransJakarta dan Commuter Line

  1. Wangga Kharisnu April 19, 2014 at 1:37 PM Reply

    Gue belum pernah naik trans jakarta kak, mungkin dengan baca postingan ini bisa sangat membantu gue. Hehehehe.

    • Khairunnisa Siregar April 19, 2014 at 1:39 PM Reply

      Ayo ke jakarta ngga biar bisa naik transjakarta tp jgn pas org berangkat sm pulang kerja haha

  2. fuadabizar April 20, 2014 at 9:17 PM Reply

    Gue kira Aturan anti Cinta eh ternyata Aturan naik TransJakarta. -_-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: