Tanda Cinta untuk Zomato

Sebagai orang yang suka makan, gue juga senang mencoba restoran-restoran atau kafe-kafe baru. Awal tahun ini gue menemukan satu website yang useful sekali untuk menunjang hobi makan-makan gue ini. Zomato hadir dan memberi informasi yang sangat berguna untuk gue terkait makanan dan restoran, seperti lokasi restoran, nomor telepon, menu, bahkan harga makanan di restoran tersebut. Lengkap. Gue jadi bisa tahu informasi restoran atau kafe yang akan gue datangi, atau untuk kalian-kalian yang suka bingung mau makan apa Zomato akan sangat membantu. Zomato tersedia di 13 negara dan di Indonesia Zomato sudah menjangkau Jakarta dan Bali, dan gue yakin kota-kota lain akan segera menyusul.

Bukan hanya dari website, Zomato juga memiliki Mobile Apps yang tidak kalah seru. Karena kecintaan gue dengan Zomato ditambah alasan kepraktisan, gue pun mendownload Zomato Mobile Apps di smartphone gue. Gue tidak perlu repot-repot membuka website melalu browser. Karena gue lebih sering menggunakan Zomato Mobile Apps, gue tentu memiliki fitur-fitur favorit di apps ini. Berikut fitur-fitur favorit gue:

1. Pencarian “Nearby” di Mobile Apps

IMG_6928

Salah satu keunggulan dari Mobile Apps adalah fitur “Nearby” yang memudahkan gue mencari restoran terdekat dengan posisi gue saat itu. Seperti yang ada di screenshot, apps ini dengan akurat mendeteksi keberadaan gue dan langsung memberi informasi restoran maupun kafe terdekat dengan posisi gue.

2. Fitur “Write a Review” dan “Upload Photo”

IMG_6929IMG_6931

Fitur favorit kedua gue adalah “Write a Review” dan “Upload Photo”. Sebagai member aktif Zomato, gue sering menulis review dari restoran maupun kafe yang gue datangi. Fitur ini snagat memudahkan gue dalam menulis review tanpa harus menunggu untuk bisa online melalui PC atau laptop. Selain itu, fitur “Upload Photo” juga sangat mempermudah member Zomato mengupload langsung foto makanan, entah dari galeri handphone atau foto yang langsung diambil dari kamera. Ada yang seru di fitur ini, gue bisa menggunakan berbagai macam filter-filter lucu sebelum mengupload foto layaknya di Instagram. Fitur ini tidak bisa ditemukan di website. Setelah menulis review dan mengupload foto, gue juga bisa men-share review dan foto tersebut di Facebook atau Twitter.

3. Fitur “Explore Our Collections”

IMG_6930

Fitur favorit gue yang ketiga adalah “Explore Our Collections”. Fitur ini bisa diakses dari website maupun Mobile Apps. Fitur ini menarik karena terdiri dari kumpulan berbagai restoran dan kafe dengan kategori-kategori tertentu seperti Trending This Week, Live Music, Romantic, Assian Dessert, Super Sushi, Korean Barbeque, Rooftop, Kickass Burger, dan masih banyak lagi. Kategori-kategori ini berganti setiap minggunya dan sangat berguna untuk referensi tempat makan jika kalian ingin mencoba makanan baru.

Tak ada gading yang tak retak. Begitu pula dengan Zomato Mobile Apps ini. Setelah menjabarkan keunggulan-keunggulan dari fitur favorit gue, gue juga memiliki beberapa catatan terhadap website maupun apps ini.

1. Widget

IMG_6934

Widget Profil Zomato yang ada di website belum support untuk blog pribadi gue yang berplatform WordPress. Meskipun gue bisa mengcopy paste HTML Code yang disediakan website Zomato, ketika gue save widget tersebut tidak muncul di blog gue. Gue harap widget profil Zomato yang seperti ini bisa segera gue pasang di blog gue nantinya.

2. Peta

IMG_6935

Jadi suatu ketika gue pernah menggunakan “Directions” yang ada di Mobile Apps untuk mencapai restoran yang akan gue datangi. Setelah gue mengklik “Directions” maka tab baru terbuka menuju google maps. Dari google maps gue diarahkan ke restoran tersebut, tetapi gue malah tersasar. Gue gak tau apa ini kesalahan dari google maps atau gimana, tetapi gue harap tidak ada kejadian seperti ini nantinya. Gue harap pengguna Apps nantinya bisa memilih menggunakan Google Maps, Maps bawaan smartphone, atau aplikasi gps atau penunjuk arah lainnya.

3. Perbedaan Tampilan Profil di Apps dan Web

IMG_6932

IMG_6933

Ada sedikit perbedaan antara tampilan Profil di website dan Mobile Apps, yaitu statistik di Jakarta dan alamat website tidak ada di profil dalam Mobile Apps. Meskipun tidak terlalu menggangu, tetapi gue harap hal tersebut bisa ditampilkan juga di profil Mobile Apps.

Begitulah pengalaman seru gue menggunakan Zomato, terutama Zomato Mobile Apps. Semoga feedback ini berguna untuk Zomato, karena feedback ini adalah tanda cinta gue terhadap Zomato agar Zomato bisa semakin baik. Semoga Zomato semakin baik setiap harinya dan semakin banyak orang-orang seperti gue yang terbantu dengan kehadiran Zomato.

 

Tagged: , , , ,

7 thoughts on “Tanda Cinta untuk Zomato

  1. arman September 10, 2014 at 11:05 PM Reply

    wah makin aktif aja ya di zomato. makin asik juga vouchernya. hahaha
    sip deh kak. jaga berat badan aja

  2. Dani Maulana September 11, 2014 at 2:55 AM Reply

    sape tau dijadiin brand ambasadornya apps Zomato

  3. fadillahnura September 12, 2014 at 12:07 AM Reply

    Wah, keren tuh kakica. Jgn makan mulu, mending berbagi sini:p

  4. Asy-syifaa Halimatu Sadiah September 13, 2014 at 12:36 AM Reply

    HAI, teman-teman, dukung aku ya buat jadi School Editor GADIS Annual Edition 2015.

    Caranya:

    • Vote via Website
    1. Klik link ini >> bit.ly/SyifaGADIS2015
    2. Pilih VOTE di bawah artikelku
    3. Daftar/sign up jadi member di GADIS.co.id
    4. Cek email kamu, dan aktivasi akun GADIS
    5. Sekarang masuk/login dan klik VOTE di artikelku lagi, kalau sudah ada message data kamu terkirim artinya kamu sudah vote aku
    6. Kamu bisa vote satu kali setiap hari, jadi boleh banget tiap hari vote kok

    • Vote via SMS
    Kirim SMS ke 08111901555. Formatnya:

    MBY(spasi)NamaKamu#SekolahKamu#SchoolEditor#Asy-syifaaHalimatuSadiah#SMAN1Cililin

    Contoh: MBY DindaImani#SMAN5Bandung#SchoolEditor#Asy-syifaaHalimatuSadiah#SMAN1Cililin

    *) Tarif SMS normal kok, jadi kirim sebanyak-banyaknya, dan ajak juga teman-teman kalian🙂

    TERIMAKASIH ^^

Leave a Reply

