Survival Guide to Deal with Break Up

Anjir judulnya sok berat banget. Harusnya gue melanjutkan postingan gue tentang Singapore Trip, tapi karena tiba-tiba seorang teman gue nanya di ask.fm: “What is the best way to deal with break up?” setelah gue menjawab gue jadi kepikiran buat bikin postingan haha. Ya ini sih based on my sotoy opinion aja. Anyway, ada beberapa hal yang gue tambah dari jawaban di ask.fm gue. So, in my sotoy opinion the best way to deal with break up are:

1. Face it and accept it even it’s hard

Menurut gue hal pertama banget yang harus dilakukan ya hadapi dan terima aja kalo memang kenyataannya seperti itu. Susah? Pasti. Berat? Wajar. Tapi mau gimana ini kalo memang ini yang terjadi. Gak usah denial. Just accept and true to yourself it’s happens.

2. Allow yourself to grieve, but don’t let yourself being a drama queen or king

Keluarin aja semua yang lu rasain. Mau marah, sedih, gondok, apapun itu. Tapi inget jangan drama, berlebihan, dan berlarut-larut. Lu boleh cerita apa yang lu rasain tapi gak usah ke semua orang, cukup sama beberapa orang deket lu aja atau orang yang memang lu percaya. Gak semua orang perlu tau masalah lu dan yang paling penting gak semua orang bener peduli, some people are just curious.

3. Give yourself (especially your heart) a break

Capek kan patah hati? Sedih mulu nangis mulu atau marah-marah mulu? Setelah lu keluarkan semua perasaan lu sampe drain out (batre kali ah drain out) pasti lu capek dan lu butuh mengistirahatkan diri lu, pikiran lu, terutama hati lu. Netralin dulu semuanya.

4. Focus on yourself. Do whatever you love, get whatever you want, and pay attention to what you need

Menurut gue ini seharusnya fase paling menyenangkan. Setelah lu istirahat, lu akan sadar lu sekarang bebas. Lakukan semua hal yang lu suka, yang mungkin dulu gak bisa lu lakukan. Dapetin apapun yang lu mau, jadi apapun yang lu mau. Gak ada lagi orang yang perlu lu jaga perasaannya karena kepentingan lu saat ini ya cuma diri lu sendiri, no more compromise haha.

5. Love yourself more than before, more than anyone does

Ini lanjutan dari poin sebelumnya sih. Cintai diri lu, prioritasin diri lu, be the best lah pokoknya. Gak usah pikirin apa-apa just focus and love yourself more and more.

Gue tau break up and brokenheart itu gak gampang. Tapi, life must go on. Masih muda, masih banyak yang harus dilakukan dan dikejar. Ada masanya suatu saat nanti lu bakal ngetawain diri lu sendiri pernah sebegininya karena nantinya masalah hidup bakal lebih kompleks dibanding patah hati. Satu lagi, semua ini proses jadi gak usah maksain untuk buru-buru ‘sembuh’. Pelan-pelan aja nikmati prosesnya pasti bakal ada sesuatulah yang akan lu dapat. C’est la vie!

Tagged: , , , , ,

10 thoughts on “Survival Guide to Deal with Break Up

  1. hildaikka September 18, 2014 at 3:13 PM Reply

    Ah, bener banget. Apalagi poin nomer 2. Hmm… gak semua orang itu peduli. Kebanyakan hanya sebatas penasaran, tanpa mau sekadar kasih solusi. :3

    • Khairunnisa Siregar September 18, 2014 at 4:21 PM Reply

      Iya makanya pinter-pinter pilih orang utk cerita biar gak jd konsumsi publik. Anyway terimakasih udah mampir😀

  2. Akbar Maulana September 18, 2014 at 5:02 PM Reply

    aku sedang menjalankan no 4 itu #ehhh

  3. Adittya Regas September 18, 2014 at 6:24 PM Reply

    sethuju poin nomer dua x))
    gak usah jadi ratu drama, nice opininion kak!
    and emang bener kalau semua masalah yg kita hadapi pasti ada hikmahnya, jadi punya banyak waktu luang untuk nikmatin waktu, nyeleseiin apa yang dulu ketunda.

    oya download e-book saya ya kak😀
    http://www.adittyaregas.com/2014/09/free-e-book-diary-anak-magang.html

    • Khairunnisa Siregar September 18, 2014 at 10:53 PM Reply

      Terimakasih hehe. Iya dong bisa lebih fokus sama diri sendiri. Oke nanti gue download deh.

  4. arman September 18, 2014 at 10:28 PM Reply

    wihh. nampak banget nih yang sukses move on. hahahaha.
    kalau gua sih mending kasih diri sendiri waktu untuk bersenang-senang sendirian. biar lebih mudah menerima kalau sekarang gua itu sendiri.

    • Khairunnisa Siregar September 18, 2014 at 10:54 PM Reply

      Hahaha bisa aje nih arman. Iya man pentingin diri sendiri dulu aja yes bahagiain diri sendiri dululah pokoknya

  5. Dani Maulana September 19, 2014 at 9:08 AM Reply

    Berarti lo juga belum sembuh dong? sini gue sembuhin :p

  6. fadillahnura September 24, 2014 at 8:09 PM Reply

    Eseeeh, bahasanya berat ah! tp benar semuaaaa.😄

Leave a Reply

