Mau ke Mana Long Weekend Kali Ini?

Setiap ganti bulan, hal pertama yang gue lihat di kalender adalah tanggal merah. Ternyata di bulan Mei ini ada beberapa tanggal merah dan salah satunya jadi long weekend. Dasar gak bisa liat tanggal merah dikit, di otak gue udah mulai mikir mau ke mana lagi long weekend ini.

Long weekend pertengahan bulan, ya tau sendirilah kalo pertengahan bulan itu kek mana hahaha. Maunya sih tetep plesiran tapi budget terbatas. Gimana bisa? Bisalah. Ajak aja temen-temen liburan yang gak jauh-jauh dari Jakarta. Berhubung gue udah cukup lama gak ke pantai, Tanjung Lesung jadi pilihan destinasi gue kali ini. Beberapa waktu lalu gue pernah ke sana, tapi gak lama jadi gue masih penasaran mau explore Tanjung Lesung lebih dalam lagi. Menurut gue, Tanjung Lesung cukup recommended untuk liburan bareng teman-teman.
IMG_3725


Tanjung Lesung ini berlokasi di Provinsi Banten, tepatnya di ujung Tanjung Barat Pulau Jawa. Kedengerannya jauh banget ya? Gak sejauh itu kok masih karena sebenarnya masih di sekitaran Pandeglang, kalo dari Jakarta sekitar 4-5 jam. Kalo udah pernah ke Anyer atau Carita, rute yang dilalui hampir sama tetapi ke Tanjung Lesung ini sekitar 1 jam lagi dari Anyer atau Caritalah. Jangan bayangin Tanjung Lesung serame Anyer atau Carita. Walaupun berada dalam daerah yang cukup berdekatan, Tanjung Lesung ini lumayan beda dibanding dua pantai lainnya itu. Tanjung Lesung sepi, private, pantainya juga pasir putih, dan gak berkarang. 

Dari gerbang utama gak terlalu terlihat di mana letak pantainya karena dari gerbang jaraknya cukup jauh. Memasuki area Tanjung Lesung langsung terlihat dua bagian yaitu Tanjung Lesung Beach Club dan Tanjung Lesung Beach Hotel. Memang kawasan ini cukup terpencil, itu juga yang jadi alasan kenapa tempat ini lebih private. Selain akses yang lebih jauh dari Anyer dan Carita, jalanan ke sini juga tidak terlalu bagus. Meskipun terpencil dan belum seterkenal Anyer dan Carita, Tanjung Lesung ini gak kalah sama dua pantai itu. Makin jauh dari gerbang utama makin gak berasa di daerah Bantennya! Pohon-pohon di kanan kiri jalan yang bikin adem kontras banget sama panasnya di perjalanan menuju ke mari. Kalau beruntung suka ada biawak atau binatang binatang lain yang bisa ditemui di sepanjang jalan ini.
  

Lalu bisa ngapain aja di kawasan ini? Di Tanjung Lesung Beach Club banyak banget aktifitas yang bisa dilakuin, seperti:

• Water Sports: Snorkeling, Kayak, Banana Boat, atau Kano
IMG_3724

Taken from here

Ke pantai tapi gak basah keknya ada yang kurang aja kan. Gak cuma main air di pinggir pantai, di Tanjung Lesung Beach Club bisa banget untuk snorkeling, kayak, cano, atau main banana boat. Tinggal pilih aja mau yang mana semua tersedia.
• Diving
PRI-12521651-diving

Taken from here

Selain pantai yang oke banget, keindahan bawah laut Tanjung Lesung juga gak bisa dilewatkan begitu aja. Kalo gak puas cuma snorkeling, kita juga bisa diving. Spot diving Tanjung Lesung juga udah diakui UNESCO dalam daftar warisan dunia. Erupsi Gunung Krakatau 1883 membentuk alam bawah laut Tanjung Lesung jadi seindah sekarang. Selain banyak karang-karang unik, banyak juga ikan-ikan yang bisa ditemui di alam bawah laut Tanjung Lesung.
• Berkeliling dengan sepeda
Bantenasia-Sepeda-di-Tanjung-Lesung-750x410

Taken from here

Selain aktifitas air, kita juga bisa melakukan aktifitas darat seperti bersepeda mengelilingi area Tanjung Lesung. Gak bawa sepeda? Tenang aja, kita bisa menyewa di manajemen Tanjung Lesung Beach Club.
• Tour ke Anak Krakatau atau Ujung Kulon 

P6240078

Taken from here

Anak Krakatau yang terletak di antara Pulau Jawa dan Sumatera ini merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa dicapai dari Tanjung Lesung. Selain Anak Krakatau, tujuan wisata lain yang bisa dijangkau dari Tanjung Lesung adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Di sini kita bisa melihat salah satu fauna yang dilindungi pemerintah, Badak Bercula Satu.

Taken from here

Taken from here

• Leyeh-leyeh di pinggir pantai
IMG_2895
Udah capek sama aktifitas-aktifitas yang cukup menguras tenaga, kita bisa leyeh-leyeh di pinggir pantai. Minum es kelapa sambil liat pantai atau baca buku ditemenin suara ombak. Lupa deh sama kerjaan yang bikin stres sehari-hari haha.
IMG_2896

From where I stand

• Photowalk
   IMG_3726Kalo liat view sebagus ini masa iya gak diabadikan? Di Tanjung Lesung pasti akan menemukan banyak objek bagus untuk difoto atau jadi background foto kita sendiri. Untuk yang suka motret-motret, bisa banget photowalk atau hunting sunset. Dijamin bakal penuh deh gadgetnya sama foto-foto instagramable

IMG_3720

Taken from here

Seperti yang gue sebutin di atas, area ini dibagi jadi Tanjung Lesung Beach Club dan Tanjung Lesung Beach Hotel. Jadi, gak perlu takut gak ada akomodasi untuk menginap. Penginapan yang tersedia di sini beragam banget dengan harga dan fasilitas yang berbeda mulai dai Rp 1.700.000 per malamnya. Vila-vilanya bagus-bagus dan suasananya itu bener-bener bukan Banten banget! Ambience Bali yang lebih terasa. Kalo gak mau nginep di vila, kita juga bisa menyewa tenda dan camping di area Tanjung Lesung Beach Club. Seru kan begitu bangun tidur langsung liat laut.

1423622888_biru_pool

Biru 3 Pool Villa. Taken from here

Untuk mencapai Tanjung Lesung yang cukup terpencil ini gak begitu susah kalo bawa kendaraan sendiri, Toyota Agya contohnya. Meski kecil dan minimalis, Toyota Agya ini lincah dan oke banget untuk menempuh perjalanan ke Tanjung Lesung dengan kondisi jalan yang sempit dan tidak terlalu bagus. Toyota Agya juga nyaman, aman, stylish dengan pilihan warna yang menarik, bagasi cukup menampung banyak muatan, dan fiturnya cukup lengkap. Mau dipake sehari-hari di daerah perkotaan atau untuk jalan-jalan jauh bareng temen-temen, tetap sama aja enaknya. Sebagai Low Cost Green Car, mobil ini ramah lingkungan dan gak cepet haus jadi gak ada cerita buat bolak-balik isi bensin. 
tipe-g-automatic

Taken from here

toyota-agya (1)

Taken from here

IMG_3717

Taken from here

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, harga Toyota Agya ternyata cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 110 juta. Toyota Agya memang bener-bener cocok banget deh buat first jobber, apalagi kalo lagi mau liburan tapi budget terbatas kaya gini. Uang bensinnya jadi bisa untuk budget liburan selanjutnya, kan. Jadi, udah tau mau ke mana long weekend kali ini?
Taken from here

Taken from here

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,

11 thoughts on “Mau ke Mana Long Weekend Kali Ini?

  1. winda huhul May 10, 2015 at 6:30 PM Reply

    Akkkkk pantai😦
    Asik banget ca anak pantai kerjaan ke pantai terus :3

  2. arman May 10, 2015 at 7:14 PM Reply

    ahhh. keren bgt nih ngiklannya. Hahaha. btw, beneran iklan kan?
    itu tiduran di pasir enak tuh kayaknya. apalagi sama pacar. etapi gk punya. huft.

  3. Febriyan Lukito May 10, 2015 at 7:41 PM Reply

    Pantaiiii. Saya mau dong ikutan kalau ke sana. Hehe

  4. Dita May 11, 2015 at 11:45 AM Reply

    Hai Ichaaa, wahh ketemu lagi. Inget gak? kita ketemu di Yukai waktu itu sama Meidi en dion juga😀

    mau ikut juga dooonk kalo ke Tanjung Lesung, belom pernah nihh😦

    • Khairunnisa Siregar May 11, 2015 at 11:54 AM Reply

      Hai Dita! Wah haha ketemu lagi ya. Inget dong. Yuk yuk mantai bareng di Tanjung Lesung sambil kulineran kalo perlu hahaha

  5. Bahrul.com May 13, 2015 at 6:46 PM Reply

    Malang dong kak banyak juga loh😀 muhehe

  6. nindya May 15, 2015 at 4:35 PM Reply

    wiiiii ngiler banget pengen ke tanjung lesung😄
    tiap rencana kesana hotel pasti penuh, emang lagi terkenal tuh pantai!
    salam kenal ya, blogger baru😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: