Belanja Online: Yay or Nay?

Akhir-akhir ini internet di kantor lebih cepat dari sebelumnya, gue yang memang suka browsing langsung senanglah. Awalnya sih biasalah blogwalking, lama-lama jadi nyasar liat-liat Online Shop. Duh. Tapi ternyata bukan cuma gue aja yang suka liat-liat Online Shop, teman-teman gue juga suka bahkan mereka membookmark dan berlangganan newsletter  Online Shop favorit mereka.

Sekarang ini, siapa sih yang gak pernah berbelanja online? Kayanya hampir semua orang yang kenal internet pernah belanja online. Pertama kali gue belanja online itu SMA, waktu itu masih awal-awal banget bertransaksi lewat sebuah forum jual beli. Makin lama jual beli online ini gak cuma lewat forum, tetapi lewat social media dan meluas lagi lewat website online shop dan marketplace.

Perkembangangan kegiatan jual beli online ini gak cuma didukung sama teknologi yang memadai, tetapi juga penjual dan pembelinya. Penjual dan pembeli sebagai pengguna pasti semakin banyak, makanya kegiatan jual beli online ini makin berkembang. Kalo gue pribadi ditanya kenapa suka belanja online? Ini alasan gue:

1. Hemat Waktu

Kerja Senin-Jumat dari jam 9-6 pasti gak banyak waktu untuk gue belanja, paling cuma di weekend aja. Kalo gue lagi butuh banget dan gak bisa keluar, ya solusinya adalah online shopping.

2. Lebih Efektif

Kenapa lebih efektif? Karena gue langsung bisa mencari apa yang gue butuhkan. Gue gak perlu repot-repot muter-muter di mall untuk mencari satu barang yang gue mau beli. Gue bisa berbelanja jam berapapun dan hari apapun tanpa harus keburu-buru karena ada jam tutupnya.

3. Hemat Tenaga

Ini jelas. Gue gak perlu keluar rumah dan gak perlu kena macet untuk mencapai mall atau tempat berbelanja. Cuma perlu koneksi internet gue bisa membeli barang-barang yang gue butuhkan.

4. Bisa Mendapatkan Barang Tertentu

Beberapa online shop menjual barang-barang dari luar negeri atau luar kota yang belum atau tidak beredar di daerah tempat kita tinggal. Ragamnya juga banyak mulai dari pakaian, sepatu, kosmetik, sampai makanan. Gak perlu ke luar negeri atau ke luar kota untuk mendapatkan barang-barang itu.

5. Banyak Promo

Who doesn’t love promo and discount? Kayanya hampir gak ada. Online Shop umumnya banyak memberikan promo dan diskon, lebih banyak dari toko-toko atau tempat perbelanjaan konvensional.

Selain kelebihan-kelebihan yang udah gue sebutkan di atas, ada beberapa kekurangan juga dari berbelanja online. Ya kadang bikin gue atau mungkin orang-orang males belanja di online shop. Contohnya nih:

1. Barang Tidak Sesuai

Beberapa orang yang gue kenal langsung kapok untuk belanja online karena punya pengalaman buruk, barang yang sampe tidak sesuai dengan yang ada di foto. Kecewalah pasti.

2. Tidak Bisa Mencoba

Jelaslah namanya juga online. Kita gak bisa mencoba, bahkan memegang barang yang mau kita beli. Untuk beberapa barang yang ada ukurannya pasti agak susah kalo gak dicoba, tetapi banyak online shop yang memberikan garansi penukaran kalo barang kekecilan atau kebesaran.

3. Pengiriman Barang Butuh Waktu

Barang yang kita beli gak bisa langsung kita dapatkan setelah kita membayar seperti transaksi langsung. Lain halnya kalo sistem pembayarannya dengan Cash on Delivery. Kalo pembayarannya dengan sistem tranfer, pembeli akan mendapatkan barang yang telah dibeli paling cepat 2 hari, itu pun kalo gak ada masalah dalam proses shippingnya.

4. Prosedur Lebih Ribet

Beberapa orang males direpotkan dengan prosedur belanja online, padahal ini sebenarnya untuk keamanan kedua belah pihak juga. Sistem pembayaran juga kadang menjadi kendala karena harus transfer, beda urusan kalo kita menggunakan e-banking, kita gak perlu ke ATM atau Bank untuk menyelesaikan pembayaran.

5. Keamanan

Keamanan yang belum terjamin juga menjadi alasan kenapa banyak orang masih ragu belanja online. Takut ditipu, apalagi kalo beli barang dalam jumlah banyak atau harga yang lumayan mahal.

Dari berbagai kelebihan dan kekurangan belanja online, gue masih tetap memilih untuk berbelanja online. Apalagi saat ini udah ada Shopious. Shopious adalah sebuah web online shop yang mempertemukan penjual dan pembeli (marketplace), yang mengiklankan produk fashion. Shopious menggabungkan konsep marketplace dengan social media (Instagram) dan hal itulah yang membuat Shopious berbeda dengan marketplace lainnya. Jadi kalo kalian yang biasa belanja lewat account online shop di Instagram, gak usah repot lagi nyari barang yang kalian pengenin karena di Shopious barang-barang yang dijual seller di Instagramnya  langsung muncul di Shopious dan lebih gampang dicari karena barang disusun perkategori. Untuk kalian yang gak punya Instagram, jangan khawatir karena untuk itulah Shopious ada.

shopious

Selain kemudahan pencarian barang, kalian juga bisa menemukan online shop favorit di tab Daftar Toko. Karena saat ini fokus Shopious adalah produk fashion, Shopious juga memiliki tab Inspirasi Style sebagai referensi pembeli. Lengkap banget kan tuh. Masalah keamanan juga gak perlu dikhawatirkan karena Shopious cukup selektif menerima online shop yang menjadi pemasang iklan.

Jadi belanja online, yay or nay? Kalo gue sih yay!

logo

 

FACEBOOK || TWITTER

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

15 thoughts on “Belanja Online: Yay or Nay?

  1. winda huhul July 5, 2015 at 12:19 PM Reply

    Yay sih ca. Belanja online enak bisa sambil tiduran dikasur, tp ya emang itu nunggu barang nya datangg yg gak sabar hueheh

    • Khairunnisa Siregar July 5, 2015 at 12:22 PM Reply

      Nah kan Winda juga senengnya belanja online. Pengennya sih abis bayar langsung dateng ya hahaha

  2. RahmanHistory July 5, 2015 at 12:52 PM Reply

    Jadi ingat pengalaman prtama membeli baju melalui online shop…
    Deg degan waktu nunggu paketnya sampe kerumah…

    • Khairunnisa Siregar July 5, 2015 at 1:00 PM Reply

      Pertama kali takut ditipu ya haha

      • RahmanHistory July 5, 2015 at 1:29 PM

        Gak juga sih… kita kan harus jeli sebelum memastikan untuk order.. ya gak?

  3. Iyah July 5, 2015 at 12:57 PM Reply

    aku sih Yay, soalnya dua kali beli online masih aman dan ga mengecewakan. kayaknya bisa coba nih belanja ol di shopious😀

  4. firmansyah July 9, 2015 at 2:40 PM Reply

    Eh tapi jangan sering-sering belanja online lho, nanti ketagihan😀 Lebih baik belanja online itu emang kalau nggak ada waktu buat belanja offline dan barang yang mau kita beli emang nggak ada di sekitar kita🙂

    • Khairunnisa Siregar July 9, 2015 at 10:06 PM Reply

      Jangan sering sering belanja kalo memang gak perlu perlu banget hahaha

  5. Onta July 22, 2015 at 12:55 PM Reply

    Bhakkk jadi abang-abang online shop ah biar di bookmark sama temen-temen ka ica kece baday tsunami uhuy~

  6. ilham irwinansyah July 23, 2015 at 3:24 PM Reply

    Sophious keren tuh toko onlinenya🙂

  7. sarah puspita January 6, 2016 at 8:37 PM Reply

    YAAAY BANGET!😀

Leave a Reply

