Kenapa Harus Kuliah Rusia?

Bulan lalu, tepatnya tanggal 2 Juli, gue resmi jadi seorang Sarjana Humaniora. Ya, 2 Juli 2014 adalah hari sidang skripsi gue. Gue lulus dari Program Studi Rusia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia dengan nilai yang sangat memuaskan.

Skripsi gue sendiri berjudul “Pengaruh Budaya Patriarki Terhadap Kekerasan di Dalam Rumah Tangga Terhadap Perempuan Masa Federasi Rusia: Sebuah Tinjauan Feminisme Marxis”. Pasti gak sedikit orang yang pernah gue temuin atau gue kenal reaksinya semacam kagum kalo tau gue kuliah di mana, tetapi begitu tau gue jurusan apa gak sedikit yang bertanya dengan bingung, kenapa masuk Rusia? Gak sampe di situ, sampe di interview pekerjaan pun gue selalu ditanya seperti itu. Kenapa gue memilih Prodi Rusia? Apa cuma karena UI-nya aja?

1. Diterima di SIMAK UI

Rusia memang pilihan ketiga gue di SIMAK UI, tetapi ada alasan-alasan lain yang mendasari kenapa dari awal pendaftaran SIMAK UI gue memilih prodi ini.

2. Rusia Negara Besar

Di FIB UI ada 9 prodi lain yang bisa gue pilih kalo memang gue tertarik ke bahasanya tetapi gue memilih Rusia karena Rusia adalah negara besar dan cukup berpengaruh di dunia. Bahasa Rusia penuturnya terbanyak kelima dan digunakan sebagai bahasa resmi PBB. Jadi, kalo gue bisa Bahasa Rusia itu akan menjadi kelebihan diri gue.

3. Eksklusif

Meskipun di luar sana banyak penuturnya, di Indonesia sendiri belum banyak orang yang bisa berbahasa Rusia. Bahkan, program studi Rusia di Indonesia cuma ada di UI dan Unpad! Eksklusif banget kan tuh.

4. Gak Cuma Belajar Bahasa

Please deh, jangan pernah mikir gue kuliah cuma belajar bahasa dan banyak banget yang menjudge: ngapain kuliah kalo belajar bahasa, les juga bisa. Di Prodi Rusia, gue diajarkan banyak hal mengenai negara Rusia mulai dari bahasa dan ilmu bahasanya (linguistik), analisis teks, terjemahan, korespondensi, sejarah Rusia mulai dari jaman kekaisaran sampe federasi, sejarah negara-negara Eropa Timur, politik, HAM, kesustraan yang luas banget mulai dari puisi sampe drama, seni dan budaya. Jadi jangan pernah underestimate jurusan gue. Ditambah bahan-bahan kuliah gue gak gampang dicari gak kek jurusan umum yang bahannya bisa dicari di mana-mana.

5. Gue Suka Belajar Hal Baru

Seperti yang gue bilang di poin keempat kalo yang diajarkan di prodi Rusia itu gak cuma bahasa, jadi kuliah di prodi Rusia yang memfasilitasi keinginan gue untuk belajar banyak hal baru.

6. Gue Suka Berkomunikasi

Gue suka berkomunikasi, gue suka ketemu orang baru, dan awalnya memang gue berniat jadi seorang Public Relation maka itulah gue memilih prodi ini. Bingung korelasinya di mana? Ya karena bahasa adalah alat komunikasi jadi dengan belajar bahasa asing gue bisa berkomunikasi dengan lebih banyak orang.

7. Gue Gak Suka Eksak

Gue gak pernah akur sama matematika. Dari SD. Sebagus-bagusnya nilai matematika gue, gue gak pernah suka sama matematika. Kalo teman gue suka bilang serunya matematika kalo kita berhasil ngejawab dan benar, bagi gue gak ada yang lebih seru dari kegiatan menghitung kecuali menghitung uang milik sendiri hahaha. Sampe ketemu fisika dan kimia pun gue gak pernah akur sama angka. Gue memang ditakdirkan untuk berkata-kata bukan berkutat dengan angka.

Begitulah alasan-alasan gue kenapa kuliah di Prodi Rusia. Bukan tanpa alasan gue memilih prodi ini. Meskipun passing gradenya gak setinggi Ilmu Komunikasi, Hukum, Accounting, atau Psikologi tapi jangan salah sangka dulu, masuk Rusia mungkin aja dianggap gampang tapi untuk bertahan sampe lulus susahnya setengah mati. Bahasanya susah, bahan kuliah susah dicari apalagi waktu skripsi mati-matian banget nyari topik dan bahan. Gue selalu bangga kuliah di Rusia UI dan bisa lulus dengan skripsi walaupun pada akhirnya gue gak kerja yang related sama jurusan, karena proses kuliah dan skripsi itu gak bisa dituker sama apapun dan proses itu yang sebenernya penting. Jadi, jangan pernah mengunderestimate jurusan gue kalo belum tau isinya.

Tagged: , , , , , , , ,

2 thoughts on “Kenapa Harus Kuliah Rusia?

  1. gilaroda2 August 3, 2015 at 8:21 PM Reply

    Josss! Ane cm tau “ckaytb” pas donlod2…😀 eh bener gak tuh artinya donlod.?!..

    • Khairunnisa Siregar August 3, 2015 at 8:36 PM Reply

      Hahaha yg bener скачать bro tapi memang itu artinya download

Leave a Reply

