TRAVEL: Pahawang Island

Tahun ini gue lebih jarang jalan-jalan dibanding tahun sebelumnya karena satu dan lain hal. Bahkan sampai melewati semester kedua di tahun ini, bisa dihitung sebelah telapak tangan sudah ke mana saja gue tahun ini. Gue sangat-sangat merindukan pantai, laut, dan sekitarnya, tetapi gue mulai bosan dengan Kepulauan Seribu. Gue mau menjelajah ke kawasan yang lebih jauh lagi, tapi tanpa perlu cuti. Pulau Pahawang jadi destinasi gue selanjutnya. Jarak yang tidak terlalu jauh, tidak dekat juga, tetapi panoramanya sangat menarik untuk didatangi. Akhir Juli menjelang Agustus gue berencana ke sana dengan sahabat kelabang gue, Monicha Maya, tetapi kali ini perjalanan kami juga diikuti oleh tiga orang laki-laki yang sama gesreknya: Edy, Reza, dan Eca. Destinasi yang menarik dan teman-teman yang seru. It’s gonna be a fun trip!  

Jumat sore gue udah siap dengan ransel yang gue bawa dari pagi dari kantor menuju Slipi, meeting point gue dengan keempat teman gue. Sayang sekali, perjalanan terhambat karena hujan. Janji kumpul jam 19:00 akhirnya mundur menjadi 19:30. Setelah kami berlima kumpul, kami langsung menaiki bis meuju pelabuhan Merak. Sekitar pukul 23:00 kami tiba di Pelabuhan Merak dan bertemu dengan team leader rombongan kami. Sekitar jam 00:30 kami berangkat dengan fery menuju Pelabuhan Bakauheni. Pengalaman pertama bagi gue menyebrang dengan fery. Karena sangat mengantuk, akhirnya gue tertidur dan jam 03:30 kami menginjakkan kaki di Sumatera. Apakah gue sampe di Pahawang? Tentu tidak, perjalanan kami masih berlanjut. Kami masih harus menunggu mobil jemputan yang akan mengantar kami ke Dermaga Ketapang. Gue kembali tertidur di perjalanan menuju Dermaga Ketapang dan terbangun sekitar 05:30 tetapi masih cukup gelap.

Pukul 06:00 kami tiba di Dermaga Ketapang dan langsung sarapan. Setelah sarapan dan bersiap-siap, perjalanan kami yang sesungguhnya dimulai. Pemandangan dari Dermaga Ketapang pagi itu sangat cantik. Air yang biru, bukit-bukit kokoh terlihat dari kejauhan, dan awan-awan berarak. Bikin gue gak tahan untuk gak mengabadikan pemandangan itu. Maklum, udah lama juga gak nemu objek bagus kek gini selain makanan :p.

IMG_7071-0

DCIM104GOPRO

We’re ready

Tujuan pertama kami adalah Pulau Kelagian Kecil. Ini adalah spot snorkeling pertama kami. Edy yang pertama kali turun begitu kapal berhenti. Gak tahan banget ngeliat air yang biru, gue langsung nyebur diikuti Maya dan Reza. Eca memilih tetap di kapal. Spot snorkeling ini tidak bisa dibilang jelek, tetapi tidak bisa dibilang ‘wah’ juga karena gue pernah melihat keindahan bawah laut yang lebih ‘wah’ di Kepualaun Seribu. Meski begitu, pemandangan atas lautnya bener-bener oke. Gue snorkeling dikelilingi bukit-bukit. Seru!

IMG_7930

Maya, My best traveling partner ever

Jam 11:00 kami naik dan menuju tujuan utama: Pulau Pahawang. Pulau Pahawang yang kami tempati adalah Pahawang Besar yang berpenduduk, selain Pahawang Besar ada Pahawang Kecil yang berisi resort-resort yang dimiliki oleh WNA. Setelah pembagian homestay dan kamar, kami makan siang dan bersih-bersih. Karena agenda bebas, gue dan teman-teman memutuskan untuk bersantai di pinggir pantai sembari minum es kelapa dan makan pisang goreng. Udah lama banget gak minum es kelapa di pantai, gue sangat excited! Hahaha. Jam 15:00 kami menuju Tanjung Putus dan Pulau Balak. Pemandangannya cukup bagus dan instagramable. Hari semakin sore dan kami bersiap berburu sunset. Di sini, kami hanya melihat sunset dari kapal karena tertutup bukit-bukit. Sunsetnya cukup terlihat walaupun agak berawan. Jam 18:30 kami kembali ke homestay dan bersiap makan malam.

Setelah makan malam, kami menikmati ikan bakar di pinggir pantai. Beberapa dari rombongan gue ada yang menerbangkan lampion. That was my kind of Saturday nite. Jam 22:00 gue kembali ke homestay dan tidur. Jam 05:00 gue terbangun karena alarm yang mengingatkan gue untuk melihat sunrise, sayang sekali pagi itu hujan jadi gue gak bisa melihat sunrise. Hujan reda sekitar jam 07:30, kami segera sarapan dan bersiap-siap check out. Jam 09:30 kami meninggalkan Pulau Pahawang dan menuju spot snorkeling kedua. Meski agak mendung, kami semua tetap turun. Gak terlalu banyak yang bisa dilihat di spot kedua ini, kecuali segerombolan ikan badut.


  
Jam 11:00 kami kembali ke Dermaga Ketapang, kami segera bersih-bersih dan makan siang. Jam 13:00 kami menuju ke Pelabuhan Bakauheni dan gue kembali tertidur di perjalanan. Gue terbangun ketika mobil berhenti di Pusat Oleh-oleh, karena sangat mengantuk gue hanya menitip satu bungkus Keripik Pisang Cokelat untuk perjalanan menuju Jakarta. Pukul 17:00 kami tiba di Pelabuhan Bakauheni dan naik ke kapal pada pukul 18:30. Perjalanan pulang lebih lama. Kami tiba di Pelabuhan Merak pukul 23:00 dan langsung menuju tempat menunggu bus. Kami menaiki bus menuju Kampung Rambutan dan berpisah dengan Maya dan Eca di Exit Tol Kebun Jeruk. Pukul 03:00 gue akhirnya sampai rumah dan langsung tidur lagi karena beberapa jam lagi gue harus menuju kantor (lagi). Meski kurang tidur dan agak pegel, tetapi weekend getaway gue kali ini seru. See you on next trip!

Tagged: , , , , , , , , ,

13 thoughts on “TRAVEL: Pahawang Island

  1. debrina intani August 15, 2015 at 9:54 PM Reply

    Gilak yaa jam 3 pagi baru nyampe rumah dan kurang lebih jam 6 udah harus bangun utk kerja..
    Ica the holiday woman
    Strong! Hahaha

    • Khairunnisa Siregar August 17, 2015 at 5:32 AM Reply

      Kalo gak kerja ntar gak bisa jalan-jalan lagi, Deb kan udah gak disponsorin orangtua hahaha

  2. Reza Andrian August 15, 2015 at 11:08 PM Reply

    Spotnya lumayan bagus. Dan pastinya Instagramable banget yak. Jadi tertarik pengin ke sana🙂

  3. Nindya Prayastika August 16, 2015 at 8:55 PM Reply

    keren banget kaak! panatinya biru gitu bikn ngiler euy!

  4. edoochsan August 18, 2015 at 4:17 PM Reply

    Duh, kayanya mesti kesana yah. Bagus tempatnya🙂

  5. winnymarch August 25, 2015 at 10:38 PM Reply

    lumayan juga ya boreg pahawang itu

  6. bukanrastaman November 12, 2015 at 4:48 PM Reply

    cantik banget ya kak, moga weekend ini cuaca cerah

  7. Paket Wisata Dieng November 9, 2016 at 12:43 PM Reply

    wahh asyik banget nih,, yukk ke dieng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: