TRAVEL: Derawan Trip Part 3

Setelah kemarin main air seharian, pagi ini kami juga akan kembali main air karena mau mengejar Manta. Gue tentu saja excited karena gue gagal liat Manta di Raja Ampat, jadilah gue agak ngarep di Derawan ketemu Manta. Setelah sarapan, kapal membawa kami ke Manta Point. Manta Point sendiri letaknya dekat Pulau Sangalaki dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai ke sana yang perjalanannya lagi-lagi gue isi dengan tidur hahaha.

Tiba-tiba seisi kapal heboh, gue sampe kebangun. Ternyata ada Manta yang terlihat, pantes pada heboh. Kak Vira gak tahan liat Manta keliaran gitu aja langsung ambil fin sama snorkle dan nyebur sendirian. Sayang banget, belum sempat kami semua turun Mantanya malah kabur. Akhirnya kami pindah ke spot lain demi memburu Manta. Arus di Manta Point ini cukup deras, kapal jadi goyang-goyang akhirnya gue jadi agak-agak pusing. Daripada makin pusing, lebih baik langsung nyebur ajalah.

Seperti yang udah gue sebutkan, arus di Manta Point ini cukup deras dan membuat gue keseret-seret agak jauh dari kapal tapi tetep aja gak nemu Mantanya. Lagi-lagi gue kecewa. Beberapa temen berhasil ketemu Manta, bahkan Tante Devi sampe balapan sama Manta. Mungkin gue memang harus bisa freedive biar bisa bener-bener ketemu Manta. Kurang lebih 1 jam kami snorkeling demi mengejar si Manta, akhirnya kami naik ke kapal karena Bang Riza muntah dan minta pulang. HAHAHAHAHA.

Kami tiba kembali di Derawan Fisheries tepat jam makan siang dan mempersiapkan diri untuk agenda selanjutnya. Karena ada free time sekitar 30 menit, gue dan Maya gatel liat kano pink yang terletak di depan kamar. Akhirnya gue dan Maya main-main kano di tengah hari yang terik. Gak apa-apa deh gosong, yang penting seneng. 


Setelah semuanya siap, kami semua melanjutkan agenda hari itu yaitu ke Gusung Sanggalau. Gusung Sanggalau ini merupakan gundukan pasir timbul di tengah laut yang terletak tidak jauh dari Pulau Derawan. Gundukan pasir ini hanya muncul saat air laut surut. Kami tiba di Gusung Sanggalau waktu matahari sedang terik-teriknya. Di Gusung Sanggalau tidak ada apapun selain hamparan pasir, jadi bisa dibayangkan bagaimana panasnya di sana. Gak banyak yang bisa dilakukan di sana selain foto-foto atau main-main air di pinggiran gundukan pasir. Kami juga gak lama di sana, karena masih ada agenda selanjutnya yang gak kalah seru: Discovery Diving!


Gue tentu sangat excited waktu tau kalo semua peserta Meet and Trip 05 berhak mengikuti Discovery Diving karena ini benar-benar pengalaman buat gue. Sebelum diving, kami semua dibriefing oleh instruktur dari Manta Diving Indonesia, Bang Toni Sigarlaki. Bang Toni menjelaskan informasi dasar yang harus diketahui pemula macam gue yang baru pertama kali nyoba Scuba Diving seperti pengenalan alat Scuba Diving, cara memakai mask, cara bernafas menggunakan mask dan tabung oksigen, dan apa yang harus kita lakukan kalo kuping sakit karena tekanan di bawah lebih besar.


Seperti yang disebutkan Bang Toni, Discovery Diving ini gak memerlukan licence karena tujuan dari Discovery Diving adalah pengenalan sensasi diving bagi pemula. Makanya kedalaman yang diperbolehkan juga 6-10 meter aja. Gak usah takut karena kita gak diving sendirian, bakal ada diving buddy yang siap menemani. Awalnya gue memang takut dan ditambah makin turun kuping jadi sakit banget, tapi setelah gue tau cara equalizing barulah gue mulai menikmati kegiatan ini.


Setelah 30 menit menikmati sensasi diving, gue kembali ke atas karena hari sudah mulai gelap juga. Kami kembali ke Derawan Fisheries, bersih-bersih, dan siap-siap makan malam. Malam itu juga gue mulai packing karena besoknya gue harus kembali ke Jakarta. Perasaan kemaren baru sampe Berau, tapi besok udah mau pulang aja. Ada perasaan gak rela gitu ternyata hahaha. Setelah makan malam, gue bersama Maya, Darius, Om Adit, Ci Agnes, dan Marsha ngobrol-ngobrol haha hihi di depan kamar. Satu persatu dari kami ngantuk dan mulai masuk kamar, gue dan Maya yang belum ngantuk coba ngikutin Mas Dee yang lagi foto-foto milky way aja. Maya excited banget foto-foto, dese gak mau berhenti sebelum dapet haha. Akhirnya kami ngantuk juga dan setelah merasa dapet foto yang lumayan kami kembali ke kamar dan bersiap untuk menyambut sesuatu yang lebih menarik lagi besok pagi.

Tagged: , , , , ,

2 thoughts on “TRAVEL: Derawan Trip Part 3

  1. Mahasiswa Punya Cerita October 14, 2016 at 7:25 PM Reply

    Wah.. keren banget ya pantainya… Serasa di laut Karibia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: