TRAVEL: Kenapa Harus ke Gold Coast?

Wah, gak terasa ternyata udah November aja. Udah mau akhir tahun lagi, udah mau ganti tahun lagi, dan artinya udah mau liburan lagi! Memasuki bulan ke-11 ini, gue mencoba mereview kembali resolusi 2016 yang udah gue buat di penghujung 2015 kemarin. Apakah banyak yang tercapai atau banyak gagalnya haha. Selain mereview kembali resolusi tahun ini, gue udah mulai bersiap-siap membuat resolusi untuk 2017. Salah satu dari isi list resolusi yang akan gue buat tentu saja adalah rencana perjalanan. Setelah di 2016 gue udah mencoret beberapa tempat yang udah ada di bucket list dalam negeri, tahun depan gue maunya sih melakukan perjalanan dengan paspor lagi. Lalu, kira-kira nih ke mana tujuan gue selanjutnya? Gold Coast!

 

Gold Coast. Taken from here

Gold Coast. Taken from here

Terletak di Queensland, Gold Coast menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal di kalangan wisatawan yang melakukan kunjungan wisata ke Australia. Gold Coast memiliki keunikan sendiri, karena matahari menyinari kota ini hampir selama setahun penuh, lebih tepatnya sekitar 300 hari. Untuk orang yang tidak cocok di cuaca dingin seperti gue, Gold Coast tentu saja sangat menarik perhatian dan menurut gue Gold Coast adalah kota yang cocok untuk menikmati musim panas di Australia. Sesuai dengan tagline “Famous for Fun”, Gold Coast memang menjadi tempat yang tepat untuk bersenang-senang dengan berbagai pesona objek wisata yang dimilikinya. Kenapa sih harus liburan musim panas ke Gold Coast? Ada apa di Gold Coast?

1. Pantai, Pantai, dan Pantai

Sebagai orang yang suka sekali dengan pantai dan laut, tujuan utama gue ke Gold Coast tentu saja karena pantai yang ada di kota ini. Gold Coast memiliki garis pantai sepanjang 57 KM yang bisa kita susuri.  Beach hopping  di pantai-pantai Gold Coast menjadi agenda wajib yang akan gue lakukan di kota ini. Dimulai dari menikmati pasir putih dan debur ombak Main Beach yang terletak di balik gedung-gedung bertingkat. Meskipun gue gak bisa surfing, gue akan bergeser sedikit untuk merasakan kemeriahan Surfers Paradise yang semakin malam semakin hidup. Selanjutnya, gue akan melihat surfer-surfer menaklukan ombak Broadbeach atau sekalian belajar surfing haha, kemudian dilanjutkan bermain pasir ke Mermaid Beach. Lalu gue akan bersantai di antara pohon pinus dan palem di Burleigh Heads, menengok Palm Beach yang menjadi pantai terbersih di Queensland, dan diving di Kirra Reef Dive Site yang gak jauh dari Kirra Beach.

Main Beach. taken from here

Main Beach. taken from here

Surfers Paradise. Taken from here

Surfers Paradise. Taken from here

Broadbeach. Taken from here

Broadbeach. Taken from here

Burleigh Heads. Taken from here

Burleigh Heads. Taken from here

Mermaid Beach. Taken from here

Mermaid Beach. Taken from here

Palm Beach. Taken from here

Palm Beach. Taken from here

Kirra Reef Dive Site. Taken from here

Kirra Reef Dive Site. Taken from here

2. Menengok Si Seksi, Paus Bungkuk

Migaloo. Taken from here

Migaloo. Taken from here

Rasanya sayang sekali kalau ke Gold Coast tapi melewatkan si raksasa seksi ini. Menjadi salah satu spesies paus terbesar dengan ukuran panjang 12-16 M dan berat 36.000 Kg, Paus Bungkuk atau Migaloo sukses membuat gue penasaran untuk melihatnya langsung dari dekat. Atraksi whale watching sendiri merupakan atraksi unggulan yang ada di Gold Coast terutama di bulan Juni-November, di saat sekitar 14.000 Migaloo migrasi dari Antartika.

3. Bermain di Themepark Seru

Selain penyuka pantai, gue juga suka bermain di themepark walaupun gak semua wahana akan gue naiki haha. Gold Coast memiliki beberapa themepark yang memiliki keunikan sendiri-sendiri, tetapi bagi gue pribadi gue harus banget datang ke themepark-themepark ini:

  • Dreamworld

Dreamworld. Taken from here

Dreamworld. Taken from here

Sebagai themepark terbesar di Australia, Dreamworld adalah destinasi pertama yang harus gue datangi. Di sini kita bisa menguji adrenalin di wahana “Big 9” dan Hot Wheels Sidewinder, roller coaster bertema Hot Wheels, bertemu dengan karakter-karakter dari DreamWorks, dan mengeksplor budaya suku Aborigin (suku asli Australia) dan kehidupan satwa liar Australia di Dreamworld Corroboree. Gue juga mau bertemu langsung dengan hewan khas Australia, kanguru, dan menggendong koala yang lucu.

Dreamworld Corroboree. Taken from here

Dreamworld Corroboree. Taken from here

Koala. Taken from here

Koala. Taken from here

  • Warner Bros Movie Wold

Movie World. Taken from here

Movie World. Taken from here

Didominasi oleh wahana-wahana yang memacu adrenalin seperti Superman Escape, Batwing Spaceshot hingga Scooby Doo Spooky Coaster, Warner Bros Movie World tetap akan menjadi salah satu themepark yang akan gue datangi jika gue ke Gold Coast. Gue mau mencoba berbagai macam wahana seru lainnya seperti Justice League 3D, Wild West Falls, Looney Tunes 4D, Road Runner Roller Coaster, Dawn of The Dinosaurs, Tweety and Sylvester Cage, dan masih banyak lagi. Star’s Parade akan menjadi atraksi yang gue tunggu-tunggu karena gue bisa bertemu dengan karakter-karakter Warner Bros dan gak lupa juga menyaksikan berbagai live action.

West Wild Falls. Taken from here

West Wild Falls. Taken from here

Road Runner Roller Coaster. Taken from here

Road Runner Roller Coaster. Taken from here

Star's Parade. Taken from here

Star’s Parade. Taken from here

 

4. Menikmati Gold Coast dari Ketinggian

Hot Air Balloon. Taken from here

Hot Air Balloon. Taken from here

Selain menyusuri pantai, gue juga mau menikmati Gold Coast dengan cara yang berbeda yaitu dari ketinggian dengan balon udara! Gak cuma itu, gue juga bisa menikmati pemandangan pagi kota ini sambil sarapan. Waktu terbaik untuk memulai aktifitas ini adalah jam 04:00 pagi, jadi kita bisa melihat matahari terbit dari balon udara. Dalam durasi 1 jam, balon udara akan melayang beberapa ribu meter di atas permukaan tanah mengitari Gold Coast, Lamington National Park, hingga Gunung Tamborine. Pengalaman pertama yang bakal berkesan banget buat gue.

5. Memacu Adrenalin di Skypoint Climb

Skypoint Climb. Taken from here

Skypoint Climb. Taken from here

Menikmati pemandangan Gold Coast dari balon udara aja sepertinya gak cukup, gue juga mau memacu adrenalin dengan menaiki Skypoint Climb setinggi 270 M di atas permukaan laut. Bayangin aja gimana serunya naik ke atas gedung Q1 Spire yang merupakan 25 gedung tertinggi di dunia bikin gue excited, apalagi merasakan langsung. Sampe di atas, nikmati deh pemandangan kota Gold Coast dan jangan lupa selfie dengan background deretan pantai yang cantik.

6. Sensai Berbelanja yang Berbeda

Harbour Town. Taken from here

Harbour Town. Taken from here

Gold Coast juga terkenal dengan surga belanjanya. Berbagai pusat perbelanjaan mulai dari mall, factory outlet, shopping center seperti Robina atau Harbour Town hingga pasar seni yang diadakan di  pinggir pantai ada semua di sini. Kita bisa menemukan berbagai souvenir, kerajinan tangan lokal, barang-barang fashion hingga kuliner di pasar seni yang ada di pantai-pantai seperti Burleigh Art and Craft Markets yang diadakan setiap Minggu terakhir di setiap bulannya, Broadbeach Art and Craft Markets yang diadakan setiap Minggu pertama dan ketiga setiap bulan, dan Coolangatta Art and Craft Markets di Minggu kedua setiap bulan.

 

Art Craft Market. Taken from here

Art Craft Market. Taken from here

Art and Craft Market. Taken from here

Art and Craft Market. Taken from here

7. Wisata Kuliner

Seascape. Taken from here

Seascape. Taken from here

Ada berbagai restoran dan bar yang terletak di pinggir pantai di Gold Coast yang siap memanjakan lidah kita dan semuanya menawarkan pengalaman kuliner dengan view pantai cantik seperti Seascape, Seaduction, BMD Northcliff Surf Club. Selain itu gue juga mau mencoba makan daging domba di Hellenika, resto Yunani yang terkenal di Gold Coast. Selain menikmati makanan dengan view pantai, gue juga mau mencoba makanan khas yang ada di Gold Coast seperti Potato Scallops. Sesuai dengan namanya, Potato Scallops adalah makanan yang berbahan dasar kentang yang dideep fried dan umumnya dijual di restoran Fish and Chips. Selain Potato Scallops, gue juga harus mencicipi segarnya berbagai rasa Gelato Messina yang ada di Coolangatta. Terkenal dengan kopinya yang enak, gue juga mau mencicipi brownies dan menyesap kopi Di Bela Coffee.

Lamb. Taken from here

Lamb. Taken from here

Potato Scallops. Taken from here

Potato Scallops. Taken from here

Gelato Messina. Taken from here

Gelato Messina. Taken from here

 

Kopi Di Bella Coffee. Taken from here

Kopi Di Bella Coffee. Taken from here

Puas berkeliling kafe, malam hari saatnya mengunjungi Night Quarter. Night Quarter adalah kawasan wisata kuliner yang sedang hits di Gold Coast berisi berbagai macam foodtruck dengan jenis makanan yang bervariasi mulai dari Asia, Western, hingga daging buaya khas Australia!

 

Night Quarter. Taken from here

Night Quarter. Taken from here

Daging buaya. Taken from here

Daging buaya. Taken from here

8. Menjelajah Rimbunnya Hutan Hujan Tropis

Lamington National Park. Taken from here

Lamington National Park. Taken from here

Gak cuma pantai, Gold Coast juga punya hutan juga tropis yang bernama Lamington National Park. Lamington National Park merupakan bagian dari Gondwana Rainforest of Australia World Heritage. Taman nasional seluas 21, 176 hektar ini terkenal karena kecantikannya yang alami, jalur trekking, pemandangan gunung, dan air terjun.

Selain menjelajah rimbunnya hutan hujan tropis ini, gue juga mau menyebrangi Tree Top Walkway. Tree Top Walkway ini adalah jembatan kayu yang panjangnya 180 M dengan ketinggian 15 M dari atas tanah yang terletak di antara pepohonan. Pasti seru banget menyusuri hutan yang menjadi habitat berbagai satwa dengan jembatan ini.

 

Tree Top Walk. Taken from here

Tree Top Walk. Taken from here

Seperti yang udah gue sebutkan sebelumnya, Lamington memiliki air terjun dan setidaknya 6 dari 10 air terjun tercantik di Gold Coast berada di hutan hujan tropis ini. Gue tentu saja mau melihat langsung kecantikan Coomera and Yarrabilgong Falls, Moran Falls, Box Log Falls, Elabana Falls, Mirror Falls, dan Chalhan Falls.

 

Coomera and Yarrabilgongs Falls. Taken from here

Coomera and Yarrabilgongs Falls. Taken from here

Moran Falls. Taken from here

Moran Falls. Taken from here

Box Log Falls. Taken from here

Box Log Falls. Taken from here

Elabana Falls. Taken from here

Elabana Falls. Taken from here

Mirror Falls. Taken from here

Mirror Falls. Taken from here

Chalhan Falls. Taken from here

Chalhan Falls. Taken from here

Jadi, begitulah alasan-alasan kenapa gue mau banget liburan musim panas ke Gold Coast. Lalu, gimana cara mencapai Gold Coast dengan mudah? Gak perlu khawatir karena H.I.S Travel ternyata menyediakan paket tour yang akan memudahkan kita untuk liburan ke Gold Coast. Jadi, gak perlu pusing mikirin akses atau transportasinya. Selain ke Australia, H.I.S juga menyediakan berbagai macam paket tour untuk individual maupun grup baik tujuan domestik maupun mancanegara guna memudahkan wisata kamu. Untuk info lebih lanjut kalian bisa ke sini.

Oia, kalo kalian hobi nulis H.I.S memberikan kesempatan buat kalian yang hobi nulis untuk jadi turis ke Australia. Caranya gimana? Silakan klik banner di bawah ini. Siapa tahu kita bisa sama-sama liburan ke Australia, kan.

https://kawaiibeautyjapan.com/campaign/present-22/track.js

 

H.I.S Tours and Travel

WEBSITE || FACEBOOK || TWITTER || INSTAGRAM

Tagged: , , , , , , , , , ,

9 thoughts on “TRAVEL: Kenapa Harus ke Gold Coast?

  1. Arman November 9, 2016 at 9:39 PM Reply

    Wah lengkap bgt ini penjelasannya. Udah kayak baca buku panduan wisata. Good luck dgn lombanya, kak.

  2. Heymiftah November 10, 2016 at 12:47 PM Reply

    Uwaaaaa gold coast! Next wishlist nih! Thanks kak cha!

  3. Amanda Desty November 10, 2016 at 1:44 PM Reply

    Ya ampun jadi mupeng!!!
    Pengen banget naik balon udaranya deh Ca. Duuh…

    • Khairunnisa Siregar November 10, 2016 at 8:22 PM Reply

      Sama, Man! Ngebayanginnya aja bikin excited. Seru banget deh pasti

  4. mamanism November 10, 2016 at 3:41 PM Reply

    Huaaaa asyik tulisannya.. mirip panduan wisata gold coasy banget…wkwkw. sukses cha buat lombanya..

  5. Wadiyo November 22, 2016 at 12:57 PM Reply

    foto-fotonya menarik banget,
    sepertinya perlu mengumpulkan pundi-pundi dulu sebelum ke sana.
    thank

Leave a Reply

