TRAVEL: Raja Ampat Part 1

Well, anyway it’s the highlight of my journey in 2016. Gue ngerasa berdosa banget kalo gak memposting  apapun tentang trip ini di 2016. Beberapa bulan ini gue hiatus, bukan mau gue tapi kondisilah yang membuat gue gak bisa sering-sering posting dan banyak banget postingan trip yang akhirnya kepending. Oke, prolognya gak usah panjang-panjang karena postingan ini sepertinya akan panjang.

Gue selalu menganggap semua trip gue istimewa karena setiap trip ada cerita dan keunikannya sendiri. Nah, kenapa trip kali ini gue bilang highlight? Jelaslah ini pertama kalinya gue ke tanah Papua seorang diri. Yes, this is my first solo trip! Selain karena ini solo trip pertama gue, tujuan gue kali ya Raja Ampat. Siapa sih yang gak mau ke sana? Ya mungkin ada aja yang gak mau ke sana tapi maksud gue, traveler-traveler mana sih yang gak pengen ke sana? Raja Ampat pasti ada di bucketlist thalassophile (orang-orang yang cinta banget sama laut) macem guelah. Mungkin semacam hajinya thalassophile hahaha. Karena gak ada yang bisa gue ajak walaupun gue berusaha mengajak beberapa orang yang gue anggap potensial, akhirnya gue nekat ke sana sendirian. Perasaan takut pasti ada tapi gue terlalu penasaran sampe rasa takut gue kalah. Gue udah janji sama diri gue sendiri kalo 4-8 Mei 2016 gue harus ada di Raja Ampat.

Hari itu, tanggal 3 Mei 2016 adalah hari keberangkatan gue ke Sorong. Gue udah siap dengan ransel gue dari pagi karena gue akan ke airport langsung pulang kantor. Jarak rumah gue ke airport sebenarnya dekat dan bisa ditempuh cuma dalam 15-20 menit, tapi gue takut macet makanya gue memutuskan untuk langsung berangkat dari kantor. Gue sampe airport jam skeitar jam 19:00 dan itu artinya gue terlalu cepat karena GA 650 yang akan membawa gue ke Makassar take off jam 21:00. Setelah check in, gue akhirnya muter-muter sebelum masuk boarding room. Jam 21:00 pesawat take off dan gue gak bisa tidur karena terlalu excited. Gue pun menonton film untuk mengisi waktu dan membunuh rasa bosan. Akhirnya, FA mengumumkan dalam waktu dekat pesawat akan landing, tentu saja gue senang. Tepat 00:30 WITA gue menginjakkan kaki di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Ini pertama kalinya gue menginjak tanah Sulawesi.

Gue langsung menuju boarding room, menunggu GA 698 yang akan mengantar gue ke Sorong. Bingung mau ngapain dan begitu liat sekitar ada kafe yang cukup rame, gue pun akhirnya menuju kafe itu dan membeli kopi. Karena Makassar merupakan gerbang menuju Indonesia Timur, gak heran banyak banget orang yang transit di bandara ini. Di kafe ini gue ketemu pasangan bule Amerika yang mau ke Raja Ampat juga. Mereka terbang dari LA ke Hongkong, lalu ke Bali dari Bali ke Makassar baru deh ke Sorong. Waktu yang mereka tempuh hampir 30 jam katanya. Gila! Beruntung deh gue dari Jakarta cuma perlu transit sekali aja buat sampe ke Sorong.

Jam 03:15, GA 698 take off dan akhirnya gue bisa tidur walaupun gak lama kebangun karena FA yang mengantarkan makanan. Setelah makan gue tidur lagi dan jam 6an gue kebangun karena pengumuman FA kalo dalam waktu dekat pesawat akan landing. Jam 06:30 akhirnya gue sampe di Bandara Dominique Edward Osok Sorong. Yeaaay! Jangan senang dulu, karena perjalanan ini belum selesai.

Gue keluar airport celingak-celinguk macem bocah hilang. Sebelumnya, gue sudah join di grup WhatsApp dengan beberapa orang yang gue tau mau ke Raja Ampat juga. Berdasarkan info dari grup tersebut, akhirnya gue masuk lagi ke airport, tepatnya Lounge Hawaii Bakery dan ketemulah dengan 4 kakak-kakak dan abang baik yang ternyata hampir semuanya Batak. Berasa ketemu keluarga ini, sih. Hahaha. Karena gue sendirian, akhirnya gue sok asik aja join sama mereka. Ternyata gue gak ketemu sama mereka aja, akhirnya gue ketemu sama kakak-kakak lain yang sampe sekarang jadi travel mate gue.

Setelah kami semua sarapan, kami menuju Pelabuhan Rakyat Sorong. Jarak dari airport ke pelabuhan dekat, mungkin cuma 15 menit. Sekitar jam 09:00 KM Bahari Express berangkat dan gue akhirnya tertidur. Jam 12:00 kapal sampai di Pelabuhan Waisai. Itu artinya gue udah sampe di Raja Ampat! Horeee! Gue keluar kapal dengan excited. Panas banget tapi tetep aja gue bahagia. Gue langsung foto di depan tulisan Raja Ampat. Akhirnya gue bisa sampe Raja Ampat walaupun gue sendirian. Hahaha jumawa, kan.

Kami makan siang di sekitar Pelabuhan Waisai, kemudian kami naik kapal kayu yang kecil menuju Desa Arborek, tempat kami menginap. Sekitar jam 13:00 kapal berhenti di tengah laut, ternyata kami mampir ke Pasir Timbul. Seperti namanya, tempat ini sebenarnya hanyalah gundukan pasir tetapi yang membuat istimewa gundukan pasir ini hanya muncul mulai jam 10:00-16:00. Pemandangan di sekitar Pasir Timbul juga bagus banget, sayang aja kalo ke sini tapi cuma lewat. Sebaiknya ke sini siang hari, jadi gundukan pasir timbul sempurna.

Setelah foto-foto kami melanjutkan perjalanan, jam 15:00 kami tiba di Desa Arborek. Kami tiba di Arborek disambut dengan pemandangan anak-anak yang sedang berenang di air biru jernih. Desa Arborek adalah desa wisata tempat kami menginap untuk 3 malam selanjutnya. Penginapan yang kami tempati adalah Kayafyof Bau Homestay. Kami menginap tepat di pinggir pantai. Setelah membagi kamar dan meletakkan barang-barang, kami mengelilingi desa ini.

Kami melihat seorang ibu yang sedang membuat Kayafyof, topi anyaman khas Arborek yang berbentuk seperti Manta. Kami melanjutkan perjalanan ke ujung barat pulau untuk menunggu sunset. Sayang, sunset yang kami dapat tertutup awan tapi tetap aja sunset pertama kami di Raja Ampat sore itu gak bisa dibilang biasa aja.

Kami kembali ke homestay untuk mandi dan beristirahat. Di perjalanan pulang hujan turun. Beberapa dari kami malah main hujan hahaha. Gak lama hujan reda kami segera melanjutkan perjalanan. Sampai di homestay, kami bergantian mandi dan tentu aja gue mandi terakhir-terakhir. Gak tau kenapa, di mana aja, gue selalu kebagian mandi terakhir-terakhir. Selesai mandi, ternyata udah gelap. Makan malam pun sudah siap. Kami makan di ruang makan di depan kamar. Setelah makan, kami mengobrol-ngobrol. Gak lama gue langsung ke kamar karena ngantuk banget dan besok pagi kami harus bangun pagi. Sesuatu yang menakjubkan menunggu untuk didatangi!

See you!

Tagged: , , , , , , ,

5 thoughts on “TRAVEL: Raja Ampat Part 1

1. Dyah Ayu Pamela December 29, 2016 at 8:57 PM Reply

Hehe ca berani amat ya. Salut sama berani nekad nya. Tapi emang super awesome Raja Ampat. Cuma mahal kesana 10-15 juta kali thn 2011, kalo bukan karena dulu tugas liputan gak mungkin gw sampai sana..

• Khairunnisa Siregar December 29, 2016 at 9:58 PM Reply

Abis kalo gak nekat gak kesampean kak, demi Raja Ampat hahaha. Beruntung banget Kak Dyah bisa liputan ke sana, gue mah mesti nabung nabung dulu.

2. Dita December 30, 2016 at 8:48 AM Reply

gileee solotrip ke Raja ampat, keren amat sih chaaaa!
    aku jujur aja kalo Indonesia Timur belom brani solo trip 😀
    rikues tulisan itinerary sama budgetnya donk hihihi

• Khairunnisa Siregar December 30, 2016 at 8:52 AM Reply

Ahahaha kalo gak nekat gak jadi-jadi abisnya Dit. Sebenernya juga jadinya gak solo-solo banget soalnya jadi ketemu barengan pas di Sorong hehe. Itinnya nyusul ya kalo budget rincinya gak inget semua kan ada yg sharing cost, inget totalnya aja jadinya.

3. […] It was the highlight! Pertama kalinya gue ngetrip sendirian. Nekat terbang sendiri dari Jakarta ke Sorong dan surprise banget ketemu kakak-kakak dan abang (yang ternyata hampir semua ada Bataknya) baik-baik dan menyenangkan yang akhirnya jadi travel mate sampe sekarang. Semuanya berawal dari Raja Ampatlah pokoknya, lima hari yang sangat menyenangkan. And…I also met him there! Extremely suprising! Cerita lengkapnya di sini. […]