TRAVEL: Weekend Getaway To Nusa Penida

Actually, it almost a year since this weekend getaway happened and now I decide to write a post about it. Jadi ceritanya setelah bertemu dengan kakak-kakak dan abang-abang di Raja Ampat bulan Mei 2016, gue punya travelmate baru nih. Lebih impulsif dari Maya pula hahaha. Kenapa? Jadi ceritanya waktu itu kami memutuskan untuk kumpul-kumpul aja sekalian copy foto di Raja Ampat, entahlah siapa yang mulai akhirnya kami memutuskan jalan-jalan bareng lagi setelah lebaran, tepatnya ke Nusa Penida bulan Agustus 2016. Karena gak ada tanggal merah, akhirnya jadilah ke Nusa Penida ini sebagai weekend getaway aja. Gilanya, saat itu juga kami book tiket ke Denpasar. Bener-bener impulsif kan hahaha.

Jumat malam (5/8), kami semua kumpul di Soekarno Hatta International Airport. Kali ini sih kami gak full team, cuma berenam. Pesawat menuju Denpasar delay, harusnya kami jam 21:00 take off akhirnya jam 22:00 take off dan sampai di Denpasar tentu saja sudah ganti hari. Kami langsung menuju hotel dan tidur sekitar 3 jam. Jam 05:00 kami menuju Sanur, karena kami akan menyebrang ke Nusa Penida lewat Sanur.

Kami naik fast boat dari Sanur sekitar jam 07:00 menuju Nusa Penida dengan waktu tempuh selama 45 menit. Sekitar jam 08:00 kami sampai di Nusa Penida dan langsung menuju hotel kami, Ring Sameton Inn. Setelah check in dan siap-siap, hari ini kami memutuskan untuk berkeliling Nusa Penida dulu tanpa snorkeling.

Tujuan pertama kami hari itu adalah Pantai Atuh. Jarak tempuh dari hotel menuju Pantai Atuh sekitar 1 jam dan jalannya cukup licin dan berbatu-batu kecil. Sampai di Pantai Atuh, jangan hanya di atas karena keindahan pantai ini sebenernya ada di bawah. Sudah ada tangga untuk ke bawah, tetapi tetap saja melelahkan ditambah dengan medan yang juga cukup curam. Sekitar 20 menit menuruni tangga, pemandangan cantik akan kita dapatkan. Sekilas mirip Wayag karena pantai ini terdiri dari tebing yang terdapat batu-batu besar di sekitarnya. Di pantai ini juga terdapat rumah pohon yang bisa menjadi spot foto yang tentu saja instagrammable!

Setelah puas menikmati pemandangan Pantai Atuh, kami naik dan menikmati makan siang. Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Kelingking. Di tengah perjalanan, kami berhenti dulu di Bukit Teletubbies. Kenapa dinamakan Bukit Teletubbies? Karena kontur bukit ini mirip dengan bukit-bukit yang ada di serial anak-anak Teletubbies. Bukit Teletubbies juga tidak kalah instagrammable loh!

1,5 jam perjalanan sudah kami tempuh dan akhirnya kami sampai di Pantai Kelingking. Sebelum masuk ke Pantai Kelingking, ada sebuah pohon yang sering dijadikan spot foto bahkan ada seorang Bapak yang menyewakan tangga untuk naik ke pohon tersebut. Pantai Kelingking juga berada di tebing-tebing dan terdapat batu besar yang dikatakan mirip jari kelingking, itulah mengapa dinamakan Pantai Kelingking. Berhati-hatilah jika berada di pantai ini karena jalanannya berpasir dan licin. Menurut info dari teman gue, sebenarnya kita bisa ke bawah tebing karena ada tangga tetapi waktu gue ke sana tidak dianjurkan untuk ke bawah karena terlalu curam.

Broken Beach dan Angel’s Billabong menjadi tujuan terakhir kami hari itu. Letak mereka memang berdekatan, masih satu kawasan bahkan. Dinamakan Broken Beach karena terdapat batu bolong di area pantai. Jika sedang pasang, air akan masuk ke pinggir tebing melewati batu bolong tersebut.

Untuk mencapai Angel’s Billabong, kita hanya perlu berjalan agak ke dalam selama 5 menit. Angel’s Billabong ini seperti kolam alami yang berada persis di pinggir tebing. Jika air sedang pasang, tidak diperbolehkan berenang di kolam tersebut. Waktu gue ke sana, lagi rame banget. Kandas deh keinginan buat main air di kolamnya.

Hari udah mulai gelap, kami memutuskan untuk segera kembali ke hotel untuk bersih-bersih dan istirahat setelah seharian keliling Nusa Penida. Paginya kami bangun, sarapan, dan langsung siap-siap karena pagi itu kami akan snorkeling! Akhirnya ketemu air asin lagi.

Tujuan pertama kami adalah Crystal Bay. Dari pantai ini kami naik perahu menuju spot snorkeling. Pertama kami ke Gamat Bay, di sini gue gak terlalu lama karena dingin banget. Ikannya rame banget sih tapi kalo coral gue gak liat. Spot kedua di dekat Nusa Lembongan, di situ gue liat underwater Buddha. Arus bawahnya kenceng banget. Gue nyemplung dari mana munculnya udah di mana tau. Spot ketiga balik lagi ke Crystal Bay. Di Crystal Bay gue udah capek akhirnya cuma leyeh-leyeh di kasur air hahaha.

Sekitar jam 10 kami balik ke hotel, bersih-bersih dan siap-siap chek out. Jam 12 kami check out dan lanjut makan siang di Toyapakeh. Toyapakeh ini adalah desa nelayan, di sini banyak banget tempat makan dan buat yang Muslim gak perlu khawatir karena banyak pilihan makanan halal kok. Selain itu untuk para diver di Toyapakeh juga ada spot divingnya yang sayang buat dilewatkan deh.

Jam 14:00 fast boat yang membawa kami kembali ke Sanur sudah siap dan sekitar jam 15:00 kami sudah tiba lagi di Sanur. Karena flight kami jam 22:00, jadilah kami muter-muter makan Ayam Betutu dulu trus lanjut sunsetan di La Plancha. Jam 19:00 kami menuju Krishna untuk membeli oleh-oleh. Jam 22:00 pesawat take off dan weekend getaway kami berakhir. See you Nusa Penida! See you again on another weekend getaway!

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , ,

7 thoughts on “TRAVEL: Weekend Getaway To Nusa Penida

1. fajarwalker June 7, 2017 at 2:24 PM Reply

Mantep banget spotnya.. btw abis berapa tuh hehehe

• Khairunnisa Siregar June 7, 2017 at 4:06 PM Reply

Kemaren sih all in 1,2juta per orang di Penidanya aja exclude flight PP. Menurut gue sih Penida much better than Bali, kalo mau pantai sepi dan bener bener kece.

• fajarwalker June 7, 2017 at 5:27 PM

Huah.. lumayan juga ya.

2. Dyah Ayu Pamela June 11, 2017 at 7:14 AM Reply

Ini nih, belum kesampaian ke Nusa Penida krn harus nyebrang dulu kan

• Khairunnisa Siregar June 11, 2017 at 7:27 AM Reply

Iya kak nyebrang dari Sanur. Mesti banget ke Penida sih kak viewnya kece, kalo di Bali aja kan gitu-gitu aja haha

3. rainhanifa June 11, 2017 at 5:26 PM Reply

Kereeen bangeeet. Nusa Penida emang masuk destinasi yang wajib kunjung nih, soalnya nanggung banget kalau cuma ke Bali, hehe

• Khairunnisa Siregar June 12, 2017 at 1:03 AM Reply

Banget, mesti banget ke sini. Gue sih prefer Penida dari Bali, overrated banget abisnya kalo Bali hahaha secara gak suka Bali juga sih