TRAVEL: Derawan Lagi!

Awal Desember lalu, gue balik ke Derawan. Kali ini sama Chacha dan Efa. Hari pertama di Derawan kami dibawa Bang Harry, owner Derawan Fisheries, ke destinasi baru yang belom pernah gue kunjungi di trip gue sebelumnya.

Pagi-pagi banget jam 04:00, kami dibangunin dan langsung siap-siap jalan. Kenapa pagi banget? Karena kami mau ke Danau Labuan Cermin! Danau ini letaknya di Biduk-biduk, sekitar 4 jam perjalanan laut makanya kalo ke sana mesti dari pagi dan ditambah kami mau mengejar whaleshark yang adanya cuma di pagi hari.

Sekitar jam 07:00 pagi kami udah di bagan dan udah ada dua whaleshark. Gue yang over excited langsung nyebur. Chacha sama Efa masih di atas kapal. Sumpah ya, gue doang ternyata yang berenang sama dua raksasa itu. Gak lama akhirnya Bang Erwin nyusul turun karena mau ambil foto si raksasa. Awalnya ya takut tapi lama-lama biasa aja. Whaleshark gak buas kek hiu tapi tetep aja jangan berenang terlalu dekat karena mereka sebenarnya satwa yang dilindungi. Jarak amannya ya dua meterlah. Jangan dipegang juga apalagi dipeluk kek cover in-flight magazine salah satu maskapai beberapa waktu lalu.


Lama-lama Chacha sama Efa penasaran juga mau deketin si raksasa ini, akhirnya mereka nyebur juga. Seru deh bisa berenang sama mereka. Setelah ngerasain berenang bareng whaleshark, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Manimbora.

Pulau Manimbora ini kalo dari jauh kek pulau yang ada di atas Bikini Bottom di kartun Spongebob Squarepants. Pulau ini gak berpenghuni. Bahkan kata Bang Harry, di tengah pulau ada kumpulan tengkorak manusia. Jadi pulau ini sebenarnya untuk pemakaman warga Balikulup yang tinggal di pulau sebrang Manimbora. Karena abrasi pantai, tulang belulang dari kuburan-kuburan ini keluar dari makamnya. Bahkan, sampai ada yang terseret kembali lagi ke Balikulup. Katanya sih tulang belulang si pemilik kangen kampung halamannya, tapi sama warga akhirnya dikubur kembali di Manimbora. Entah bener atau gak namanya juga mitos boleh percaya boleh gak kan.

Setelah makan siang dengan pemandangan pasir putih dan laut biru, kami melanjutkan perjalanan ke Danau Labuan Cermin! Kalo ke Derawan sebaiknya sempatkan juga ke sini. Bagus banget!

Danau ini unik deh. Danau ini sering juga disebut danau dua rasa karena air danau ini terdiri dari air asin dan tawar. Jadi, tiga meter di permukaannya air tawar dan 3 meter ke bawah air asin. Danau Labuan Cermin ini bener-bener kek cermin. Bening banget. Kalo cuaca lagi cerah kapal yang berada di permukaan danau sampe kek melayang saking beningnya air danau ini.

Waktu gue ke sana, cuma ada satu kapal rombongan lain dan mereka cuma sebentar. Jadilah danau itu dikuasai udah kek private pool! Betah banget lama-lama di sini. Awal nyebur dingin banget, mungkin karena waktu itu abis ujan juga. Danau ini dikelilingi hutan-hutan jadi kalopun cuaca cerah tetap teduh karena berada di tengah-tengah hutan.

Kami kembali lagi ke Derawan setelah puas berenang-berenang dan foto-foto di Danau Labuan Cermin. Di perjalanan pulang, Bang Harry mengajak ke destinasi yang gue juga belom datangi sebelumnya: Samama! Samama ini sebenarnya pulau dengan kumpulan mangrove. Tapi kita gak boleh berenang di sini karena ada stingray. Jadi kami menikmati Samama cuma dari atas kapal aja.

Hari mulai gelap, kami kembali ke Derawan dan di perjalanan pulang gue dengan sotoynya duduk di depan kapal. Awal-awal seru ya kena angin-angin, lama-lama kok ngeri juga ombaknya udah tinggi hahaha akhirnya gue masuk ke kapal lagi sampe Derawan.

Sampe Derawan, kami bersih-bersih dilanjutkan makan dan istirahat. Hari kedua, gue mengulang itin hari pertama trip Derawan gue bulan Mei lalu yaitu ke Maratua, Kakaban, dan Sangalaki yang pernah gue ceritakan di sini. Hari kedua ini Bang Harry gak bisa nemenin jadi kami cuma ditemenin Mas Pitang si kapten kapal. Oh iya, Mas Pitang ini kocak banget kalo nyetir kapal pake kaki. Ini bener-bener pake kaki hahaha jadi dia berdiri di setir kapal tapi kepalanya keluar dari kapal. Katanya lebih enak begitu soalnya lebih bebas liat ke depan. Bebas, Mas! Atur aja! Hahaha. Chacha sama Efa gak berenti ketawa kalo liat Mas Pitang nyetir begitu.

Ada kejadian lucu juga di Kakaban. Jadi waktu kami mau balik kapal, Efa masih sibuk berenang sama jellyfish dan sebelum naik dia sempet-sempetnya nyium jellyfish saking dia gemesnya! Hahaha. Selain tiga destinasi yang gue sebutkan di atas, kami juga diajak ke Kehe Daing atau Danau Ikan. Letaknya di belakang Pulau Kakaban. Warna airnya ijo, letaknya juga di antara pepohonan. Bagus banget mana waktu ke sana sepi jadi seneng deh.

Malamnya, kami packing-packing karena besok pagi banget kami harus udah jalan ke bandara. Jam 06:00 kami dibangunin karena kapal yang mengantar kami ke Tanjung Batu udah dateng. Pagi itu gelombangnya tinggi banget, kapal sampe kebanting-banting. Perjalanan 30 menit ke Tanjung Batu agak ngeri juga jadinya. Jam 06:30 kami sampe Tanjung Batu dan langsung ke Bandara Kalimarau Berau. Terimakasih Derawan Fisheries, terimakasih Bang Harry! Till we meet again!

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

18 thoughts on “TRAVEL: Derawan Lagi!

  1. Deddy Huang August 28, 2017 at 7:33 AM Reply

    Aku suka destinasi yang ginian.. lihat fotomu di danau labuan cermin aja udah bikin pengen pose haha.. trus ketemu ga di sana kumpulan tengkorak di pulau?

    • Khairunnisa Siregar August 28, 2017 at 1:25 PM Reply

      Gak ketemu, Ko aku gak ke tengah pulaunya. Makanya mau ke sana lagi penasaran haha. Next destination ke Labuan Cermin dong, Ko. Bikin betah banget lama-lama di sana airnya bening banget.

  2. Dewi Rieka August 28, 2017 at 7:48 AM Reply

    Cantiknyaaa Subhanallah, semoga ada rezeki dan kesehatan bisa nyampe di Derawan aamiin

    • Khairunnisa Siregar August 28, 2017 at 1:25 PM Reply

      Amiin. Ayo Mbak Dewi ke Derawan biar bisa liat langsung Derawan sama Labuan Cerminnya

  3. Rahman Batopie August 28, 2017 at 8:49 AM Reply

    Wah udah lama banget nih gak buat artikel Kak . . .

    Kereen . . .
    Derawan adalah lokasi wisata yang masih masuk kedalam list lokasi wisata yang belum Saya kunjungi…

    • Khairunnisa Siregar August 28, 2017 at 1:27 PM Reply

      Mesti banget ke sana sih. Derawan itu lengkap dan gak bosenin mau ketemu whaleshark, manta, lumba-lumba, jellyfish semua ada!

      • Rahman Batopie August 28, 2017 at 2:27 PM

        Jellyfish . . . ???
        Wah Saya punya pengalaman buruk dengan Ubur-ubur Kak . . .

      • Khairunnisa Siregar August 28, 2017 at 2:28 PM

        Jellyfishnya stingless kok tenang aja

      • Rahman Batopie August 28, 2017 at 2:45 PM

        Lucu doong . . .
        Saya pernah disengat Boxjellyfish Kak.. brrrr . . .

  4. Ulu August 29, 2017 at 8:19 AM Reply

    Wow seru euy! Pemandangannya buaguuuusss! Jellyfish di sana gpp dicium-cium? Eh kan ga menyengat ya 😀

  5. April Hamsa August 29, 2017 at 8:48 PM Reply

    Nyium jellyfish gk kesetrum ya mbak? (banyakan nonton spongebob aku hehe)
    Indah ya. Penasaran soal pulau yg tak berpenghuni itu 😀
    TFS ceritanya menarik.

    • Khairunnisa Siregar August 29, 2017 at 9:13 PM Reply

      Enggak mbak kan jellyfishnya stingless hehe. Yuk ke Derawan biar bisa langsung keliling Pulau Manimboranya. Thank you juga ya mbak 😄

  6. Fajrin Herris August 30, 2017 at 6:25 AM Reply

    Ah Pulau Derawan sangat keren banget, Mbak. Apa lg banyak spot2 foto yg kece2 euy..

    • Khairunnisa Siregar August 30, 2017 at 5:03 PM Reply

      Bener banget Mas. Ke Derawan deh gak bosen banyak banget spot foto kecenya

  7. Bee Balqis Blog September 1, 2017 at 5:12 PM Reply

    Kangen derawan… ah waktu ke derawan kemarin gak sempat ke danau labuan cermin.

  8. Yusri Mathla'ul Anwar November 7, 2017 at 2:12 PM Reply

    Itu danau atau cermin? Bening banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: