Cari Kerja Atau Pekerja? GAWEin Aja!

Jadi di kantor gue sekarang ada beberapa anak magang yang udah di tingkat akhirlah di kampusnya. Gue jadi teringat jaman gue semester 8 dulu waktu kuliah tinggal skripsian dan magang di Detik.com. Waktu itu yang gue pikirkan bakal bosen banget gak ada kegiatan kalo gak ke kampus, sedangkan ke kampus Cuma untuk bimbingan skripsi akhirnya waktu ada lowongan magang di Detik.com gue apply aja. Nah, selama magang itu selain gue mengisi waktu luang gue juga dapat pengalaman kerja itu seperti apa dan tentu aja dapat uang tambahan dari hasil kerja gue.

Gue sempat mikir, enak juga kalo ada kerjaan untuk mahasiswa yang gak mesti tiap hari masuk dan ganggu waktu kuliah tapi tetap bisa menghasilkan uang. Jaman gue kuliah beberapa teman gue udah ada yang kerja part time tapi cuma sebatas jadi pengajar di Lembaga Bimbingan Belajar atau guru private, sedangkan gue gak bisa banget buat ngajar-ngajar gitu. Waktu itu sih aplikasi pencari kerja memang udah ada tapi rata-rata yang dicari yang memang udah lulus kuliah. Jarang banget ada lowongan magang yang gue cari jaman masih mahasiswa dulu. Guepun dapat lowongan di Detikcom dari Twitter hahaha.Nah, tapi ternyata sekarang ada nih aplikasi baru yang mengakomodir pikiran gue beberapa tahun silam. Aplikasi tersebut namanya GAWE. GAWE menghubungkan pencari pegawai temporer dan pencari kerja temporer. Jadi, gak perlu lulus kuliah dulu untuk bisa kerja. Contohnya nih ya, sekarang kan usaha online lagi berkembang banget, kebutuhan pegawai temporer yang bisa dikontak dengan cepat meningkat, misalnya saat pengusaha membutuhkan tenaga kerja untuk order yang lagi banyak, pegawai temporernya bisa langsung datang dan bekerja. Dari kasus tersebut, GAWE menjadi jembatan antara pencari kerja dan pencari pekerja temporer. Selain cocok untuk mahasiswa, pekerja-pekerja yang ingin mendapat penghasilan tambahan tanpa menggangu kerjaan utama juga bisa, loh.

Gimana cara daftar dan penggunaan aplikasinya? Langsung aja ke playstore dan download GAWE di handphone kalian. Untuk pendaftarannya sendiri langkahnya cukup mudah, sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi GAWE, jika ada halaman awal seorang ibu yang sedang berdoa jangan bingung klik enter yang ada di atas.
  2. Isi nomor handphone yang aktif dan yang paling penting adalah sudah di-registrasi ulang, kemudian tekan “Selanjutnya”.
  3. Setelah itu jika nomornya aktif maka tampil layar “Terkirim” dengan tanda centang. Jika nomor tersebut dipakai dengan smartphone yang sama maka otomatis kode yang dikirim terisi. Jika nomor handphone kalian berbeda smartphone maka periksa sms yang masuk dan isikan kodenya yang berjumlah 6 angka. Jika sudah selesai terisi semua angkanya maka tekan “Lanjutkan”.
  4. Setelah itu akan ada dua tampilan; yang pertama yaitu verifikasi nomor handphone kalian dan tampilan kedua adalah sukses terverifikasi. Selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah Mengambil foto diri dengan menuliskan nama kalian di sebidang kertas putih atau bisa juga berpose dengan KTP juga boleh. Lanjut isi dengan nama yang tertera di KTP dan pilih jenis kelamin kalian. Lalu klik tanda kontak yang tertulis “Dengan menekan tombol REGISTER atau DAFTAR di bawah ini, berarti anda menyetujui Syarat dan Ketentuan GAWE”. Terakhir klik “REGISTER”.
  5. Untuk saat ini kalian dapat mengakses cari pegawai karena cari kerja butuh verifikasi dari pihak GAWE. Verifikasi tersebut haruslah memfoto KTP yang berlaku saat ini atau ID Mahasiswa. Jika sudah selesai tekan tombol Update.
  6. Setelah terverifikasi, kalian udah bisa deh cari kerja sesuai keinginan kalian.

Gampang dan simple banget, kan? Selain fitur “Cari Kerja” yang digunakan pencari kerja, ada fitur “Cari Pegawai” yang bisa digunakan para pemilik usaha yang mencari pegawai temporer. Gue sendiri pun cukup terbantu dengan aplikasi ini karena gue pernah membutuhkan bantuan untuk memperbaiki genteng rumah yang bocor. Waktu itu bokap lagi dinas ke luar kota dan di rumah gue yang memang gak ada laki-laki dan gak ada yang bisa memperbaiki genteng rumah, jadilah gue gunakan apps ini untuk mencari pekerja temporer yang bisa perbaiki genteng rumah saat itu juga. Appsnya sendiri simple dan respon untuk mendapat pekerja cukup cepat, ya cara pencariannya mirip-mirip dengan ojek atau taksi online gitu. Begitu pekerja dapat, bisa langsung ke rumah dan mengerjakan pekerjaan yang kita butuhkan.

Menurut gue sih, aplikasi GAWE ini sangat membantu untuk kedua pihak baik yang membutuhkan pekerjaan dan yang membutuhkan pekerja temporer. Jadi sama-sama diuntungkan, deh.

Advertisements

Tagged: ,

17 thoughts on “Cari Kerja Atau Pekerja? GAWEin Aja!

  1. @AriefPokto December 11, 2017 at 10:03 AM Reply

    Aplikasi yang bikin orang mudah dapet kerja ya. Memang semuanya diatur rejekinya sama Tuhan, tapi ini kok praktis bgt. Cari Dan mencari pegawai paruh waktu itu lumayan repot lho

    • Khairunnisa Siregar December 13, 2017 at 9:21 AM Reply

      Iya membantu banget mas buat yang cari pegawai temporer dan orang yang butuh kerjaan temporer. Win win solution deh.

  2. Dewi “Dedew” Rieka December 11, 2017 at 6:39 PM Reply

    Bagus nii buat yang nyari jobside ya..

    • Khairunnisa Siregar December 13, 2017 at 9:21 AM Reply

      Iya betul Mbak Dewi bisa dapet jobside tanpa menggangu pekerjaan utama.

  3. dgoreinnamah December 13, 2017 at 7:14 PM Reply

    Hw kira lo cari orang buat nambel otak lo yg bocor ca. Ahahaha

    Tapi keren sih ide dari aplikasi ini. Coba ini aplikasi udah ada pas jaman gw kuliah, pasti gk bingung cari duit tambahannya

    • Khairunnisa Siregar December 15, 2017 at 3:25 PM Reply

      Kalo otak bocor gue mah udah gak bisa ditambel lagi tip 😑
      Iya bener banget tuh kalo dari kuliah udah ada bisa buat nambah-nambah jajan kan

  4. Evi December 14, 2017 at 4:18 PM Reply

    Wah aplikasi gawe ini membantu banget yang membutuhkan tenaga kerja dan yang ingin bekerja secara temporer. Yang memberi kerja tidak perlu pasang iklan di koran seperti dulu. Begitupun yang butuh pekerjaan tinggal pasang aplikasi. Bener-bener mudah ya

    • Khairunnisa Siregar December 15, 2017 at 3:27 PM Reply

      Betul Tan memudahkan banget buat pencari kerja sama pencari pegawai temporer

  5. ratuna173yahoocom December 16, 2017 at 5:19 PM Reply

    Piranti kerja jaman now. Lintas geografis. Asik banget.

  6. Dee Rahma December 16, 2017 at 6:09 PM Reply

    Nah ini yang jadi pertanyaanku juga dulu jaman kuliah, kok ada provider info kerja full time tapi part time jarang banget di Indonesia. Kecuali pake jalur koneksi/kenalan.

    Mungkin ini bisa jadi win win solution buat dua belah pihak dan semoga inovasi dari aplikasi gawe bisa makin bermanfaat buat pencari kerja 🙂

    • Khairunnisa Siregar December 19, 2017 at 12:13 PM Reply

      Iya bener, Kak coba udah dari dulu ada enak kan ya bisa kerja part time tanpa ganggu kuliah

  7. Nasirullah Sitam December 17, 2017 at 8:59 AM Reply

    Sepertinya, orang-orang yang pengen kerja sesuka hati enakan di sini ahhahhhaha

    • Khairunnisa Siregar December 19, 2017 at 12:14 PM Reply

      Iya yg memang mau kerja temporer bisa banget cari-cari di GAWE

  8. raninovariany December 17, 2017 at 11:44 PM Reply

    Wah asli ini infonya asik banget! Aku kebetulan lagi pengen cari2 kerjaan freelance gitu. Bisa dicoba nih! Langsung install ahh, Makasii kak infonyaaa^^

    • Khairunnisa Siregar December 19, 2017 at 12:15 PM Reply

      Iya coba aja siapa tau ada yang cocok kerjaannya. Semoga bermanfaat ya!

  9. Ransel Usang January 15, 2018 at 4:22 AM Reply

    Setelah baca ini udah langsung aku download kak, tinggal nunggu proses verifikasi berhasil selama 3 hari. Kalo berhasil pengen buktiin, siapa tau bisa dapat rejeki uang jajan tambahan dari sini.

    Makasih ya infonnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: