Tujuh Hal yang Harus Dilakukan di Misool

Semenjak menginjakkan kaki di Raja Ampat Mei 2016 lalu yang gue ceritakan di sini, gue langsung jatuh cinta dan berkeinginan akan kembali ke tanah empat raja tersebut. Raja Ampat bukan sekedar Pianemo yang pernah didatangi oleh Presiden Jokowi, bukit Karst Wayag, atau resort mewah serta spot diving yang telah mendunia. Lebih dari itu, masih banyak tujuan lain di Raja Ampat yang bisa dieksplor dan tentu saja keramahan warganya selalu menarik hati untuk kembali lagi ke sana.

Umumnya, wisatawan tahu Raja Ampat hanya sekitar Pianemo dan Wayag di kepulauan Waigeo yang terletak di Raja Ampat Utara. Akses yang sudah lebih mudah dan murah daripada tahun-tahun sebelumnya dan tentu saja exposure dari social media membuat kawasan Raja Ampat Utara lebih terkenal dibanding wilayah Raja Ampat lainnya padahal masih ada tiga kepulauan besar lagi; Misool, Batanta, dan Salawati.

Misool yang terletak di Raja Ampat Selatan sudah terbayang-bayang di benak gue semenjak dua tahun lalu. Raja Ampat Utara memang menarik dan masih banyak yang belum dieksplor, tetapi Misool yang masih perawan terlihat lebih menggoda. Akses yang lebih susah dan mahal membuat Misool semakin ekslusif sekaligus menantang untuk didatangi.Kenapa Misool begitu menarik untuk didatangi? Apa saja yang harus dilakukan ketika berada di Misool? Kalo menurut gue sih, tujuh hal yang harus dilakukan di Misool:

  • Berenang dan Snorkeling di Balbulol, Yapap, dan Gamfi

Permukaan air sebening kristal gak mungkin gak menggoda gue untuk gak berenang. Ditambah lagi keindahan pemandangan underwater yang udah gak diragukan makin menarik gue untuk gak cuma diam dan melihat dari atas kapal. Permukaan air yang tenang juga menggoda banget untuk bersantai-santai di atas floaties menikmati pemandangan karst ikonik di sekitarnya.

Balbulol. Taken from here

Yapap. taken from here

Gamfi. take from here

  • Menengok Sang Putri di Goa Putri Termenung

Dinamakan Goa Putri Termenung karena di dalam goa kapur yang terletak di Pulau Lenmakana ini terdapat batu yang terlihat seperti perempuan yang sedang duduk termenung. Kehadiran sang putri di dalam goa tersebut membuat gue tertarik melihat langsung. Selain sang putri, keindahan stalaktit dan stalagmit di goa ini juga membuat goa ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Goa Putri Termenung. Taken from here

  • Berenang Bersama Stingless Jellyfish di Danau Lenmakana

Ternyata gak hanya di Danau Kakaban ada stingless jellyfish, di Misool pun terdapat danau yang berisi stingless jellyfish! Pengalaman berenang bersama stingless jellyfish di Kakaban sangat menyenangkan dan gue tentu saja mau mengulang pengalaman tersebut di Danau Lenmakana, Misool. Apakah aman berenang bersama mereka? Tentu aja, aman kan gak menyengat.

Danau Lenmakana. Taken from here

  • Menikmati Keindahan kumpulan karst dari Puncak Harfat

Gue selalu suka menikmati pemandangan dari ketinggian, walaupun effort pasti lebih karena mesti memanjat bukit. Menurut gue, pemandangan dari ketinggian lebih bagus aja sih. Mungkin karena yang diliat lebih luas. Salah satu spot yang harus banget dikunjungi saat ke Misool adalah Puncak Harfat. Dari Puncak Harfat kita bisa menikmati kombinasi keindahan kumpulan karst dan perairan Misool yang sangat memanjakan mata.

Puncak Harfat. Taken from here

  • Melihat Keindahan Teluk Cinta Dafalen dari Ketinggian

Setau gue, ada beberapa Teluk Cinta di Indonesia dan salah satunya di Dafalen, Misool. Gak puas melihat Teluk Cinta waktu di Labengki membuat gue bertekad harus banget melihat Teluk Cinta-nya Misool. Dinamakan Teluk Cinta karena jika dilihat dari ketinggian, permukaan teluk terlihat berbentuk hati yang melambangkan cinta. Menikmati Teluk Cinta memang memerlukan effort lebih karena harus menanjak bukit karst. Tapi jangan khawatir, begitu sampai di atas pemandangannya spektakuler!

Teluk Cinta Dafalen. Taken from here

  • Menyaksikan Langsung Jejak-Jejak Peninggalan Prasejarah

Jadi, di beberapa bagian di Misool terdapat jejak peninggalan prasejarah yang berupa lukisan. Lukisan yang didominasi oleh warna merah marun ini diperikirakan berumur 40.000-50.000 tahun! Lukisan berbentuk tangan manusia dan hewan-hewan ini disinyalir digambar langsung oleh manusia purba yang menempati daerah tersebut. Menarik banget kan buat dikunjungi langsung.

Lukisan Prasejarah. Taken from here

Lukisan Tangan. Taken from here

  • Diving!

Siapa sih yang gak tahu kalo Raja Ampat adalah surganya diving? Ke Misool tanpa diving seperti makan pecel ayam tanpa sambal. Hambar. Diving di tiga spot paling mantap versi detikTravel sudah pasti masuk ke itinerary gue. Spot diving terkenal seperti Misool Eco Resort dan Kaleidoscope sudah pasti tidak bisa dilewatkan begitu saja, ditambah lagi diving bersama baby shark di perairan Pulau Jaam siapa yang bisa menolak? Gue sih tentu aja gak bisa.

Diving. Taken from here

Gimana? Tujuh alasan ini udah bisa bikin kalian tertarik datang ke Misool? Untuk mencapai Misool yang pertama harus dilakukan adalah terbang ke Sorong. Saat ini udah ada berbagai airline dan jam penerbangan yang bisa dipilih dan cara paling mudah dan praktis untuk book tiket adalah melalui tiket.com. Cukup masukkan bandara keberangkatan dan tujuan, tanggal keberangkatan dan pulang, langsung deh keluar pilihannya mulai dari tiket paling murah sampe paling mahal, tinggal sesuaikan dengan budget dan waktu aja.

Saran gue, sebaiknya pilih penerbangan malam hari atau dini hari supaya sampe di Sorong pagi sekitar jam 07:00-08:00 WIT jika ingin langsung mengejar kapal ferry ke Pelabuhan Yellu, Misool.

Di tiket.com juga ada fitur Smart Roundtrip deals, gak usah pusing beli tiket pergi dan pulang terpisah dan tentu aja karena adanya fitur ini harga tiket jadi lebih murah dibanding beli terpisah.

Metode pembayaran tiket.com juga beragam, mulai dari menggunakan kartu kredit, transfer, dan Virtual Account. Di tiket.com juga banyak promo, loh. Download dan aktifkan notif aja supaya gak ketinggalan promo-promonya. Setelah melakukan pembayaran, e-ticket akan segera dikirim ke email  yang telah terdaftar di account tiket.com.

Setelah 3 malam stay di homestay di Misool, gue mau stay satu malam lagi di Sorong sebelumnya pulang keesokan harinya dan tentu aja cara paling gampang pesan hotel di Sorong ya melalui tiket.com lagi. Selain tiket, pesan hotel juga bisa melalui tiket.com. Caranya sama mudahnya seperti pesan tiket pesawat. Masukin kota tujuan/nama hotel, tanggal check in dan check out, dan jumlah tamu serta kamar yang akan dipesan.

Setelah lengkap, akan muncul hotel-hotel yang tersedia yang bisa dipilih beserta harga permalamnya. Pilih hotel dan kamar, lakukan pembayaran sama seperti pemesanan tiket pesawat. Voucher hotel pun segera masuk ke email. Selain harga dan promo yang menarik, pemesanan tiket pesawat dan hotel melalui tiket.com mendapat TIX Point yang bisa digunakan untuk potongan harga atau ditukar dengan berbagai penawaran menarik dari merchant partner tiket.com. Gak cuma itu, pembelian tiket di atas Rp 1.000.000 akan mendapat free makanan dan minuman dari Maxx Coffee di beberapa bandara. Banyak plusnya kan?

Jadi, udah siap ke Misool kan? Jangan cuma mimpi, yuk langsung beli tiket untuk ke Misool atau #Tiketkemanapun di tiket.com!

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

11 thoughts on “Tujuh Hal yang Harus Dilakukan di Misool

  1. Evi March 11, 2018 at 9:12 AM Reply

    Indahnya Misool…Airnya seperti dikelir begitu. Bawah lautnya paling bikin jatuh cinta, Cha

  2. Raiyani March 11, 2018 at 10:14 AM Reply

    Belum kesampaian ni ke misol br nyampe wayag doang, pengen ke rockpaintingnya

    Ketje, thanks sharenya yaa

    • Khairunnisa Siregar March 15, 2018 at 6:34 PM Reply

      Sama Mbak aku juga baru sampe Wayag makanya pengen banget ke Misool. Semoga segera kesampean ya Mbak

  3. ejiebelula March 13, 2018 at 3:04 AM Reply

    Semoga bisa kesana juga, Aamiin Aamiin..

    Cakep2 banget itu fotonya, caaaa 😍

  4. dgoreinnamah March 14, 2018 at 6:43 AM Reply

    Yang perawan memang lebih menarik ya. Ahahahah

  5. Lianawati Lianawati April 27, 2018 at 5:39 PM Reply

    wah, Misool..
    cantik banget ya kak.
    udah masuk bucket list saya nih, cuma belum kesampean ke sana.
    musti lebih giat nabungnya bisa bisa explore ke sana 🙂

    makasih buat artikelnya kak.
    ceritaliana.com

  6. Bara Anggara June 11, 2018 at 3:48 PM Reply

    misool,, cantik banget.. kayanya bakal dikunjungi tahun ini nih hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: