Year End Trip 2019: Russia Part 3

Pagi itu tanggal 27 Desember 2019 gue bangun jam 08:00 pagi, lihat keluar jendela ternyata masih gelap. Iyalah winter di utara Bumi ditambah lagi karena Polar Nights, matahari makin malu-malu muncul. Gue langsung ke ruang makan karena udah lapar banget.

Sarapan pagi yang berupa makanan Rusia udah siap. Gue mengambil kotleta, blinny, dan kasha. Ngobrol sebentar sama бабушка (nenek) yang masak di hotel gara-gara gue bilang gue suka kotletanya enak, gue jadi disuruh tambah lagi hahaha. Setelah makan, gue mandi, dan bersiap-siap untuk dijemput untuk trip hari itu. Pagi ini gue dijemput di halte sebrang hotel karena akan dijemput oleh bis jadi gak bisa benar-benar di depan hotel. Janji menjemput jam 10:00 ternyata ngaret hampir setengah jam. Gue yang udah menunggu di halte dari jam 09:50 jelas kedinginan. Guide hari itu namanya Vitaliy. Kesan pertama udah kurang enak karena dia setiap gue tanya bilang udah dekat tapi sampe setengah jam baru muncul di depan gue. Driver hari itu masih Anatoliy.

Setelah bis sampe, gue langsung masuk dan setengah bis udah keisi oleh rombongan lain. Pantes aja lama, pasti mereka menjemput rombongan lain dulu baru gue dijemput terakhir. Tapi ya udahlah gue gak mau banyak complain dulu saat itu. Perjalanan hari ini lebih jauh dari sebelumnya. Hari itu kami mau ke Teriberka yang berada di ujung Murmansk Oblast, tepatnya di semenanjung Laut Barent yang sangat dekat dengan Laut Arktik.

Disclaimer: Post ini dan post lain tentang Russia Trip mungkin akan jadi post-post yang panjang karena Rusia ini agak emotional buat gue hahaha dan akan gue tulis cukup detail dari yang penting sampe mungkin gak penting.

Sebelum ke Teriberka, hari itu kami mau ke Husky Farm dulu yang ternyata letaknya di area Aurora Village. Lah, ngapain bolak-balik? Pikir gue saat itu. Ya udah tahan dulu complainnya. Karena excited mau main-main lagi sama Siberian Husky jadi ya udah sabar dulu aja. Kami sampe di depan jalan masuk ke Aurora Village dan dijemput oleh pemilik Husky-husky ini. Karena keterbatasan tempat dalam mobil, jadilah proses penjemputan peserta di dalam bis memakan waktu yang cukup lama. Lagi-lagi gue kedinginan dan akhirnya masuk ke dalam salah satu igloo yang penyewanya udah check out.

Setelah semua peserta trip dijemput, si pemilik Husky ini memberi arahan sebelum kita semua melakukan Husky Riding. Jadi, kita akan naik ke kereta seluncur yang ditarik husky-husky ini sebanyak satu putaran. Satu kali ride berdua. Satu orang duduk di kereta seluncur dan satu lagi di belakang yang bertugas mengerem saat ride akan berakhir. Karena gak ada tanda-tanda peserta lain mau duluan, ya gue mulai duluanlah hahahaha. Husky-huskynya cukup agresif mereka lari kaya jadi kejar-kejaran satu sama lain. Kereta luncur gue saat itu ditarik oleh enam husky. Satu putaran rasanya kurang, sih hahahaha. Perlu diingat oleh orang yang akan berdiri di belakang kereta seluncur, jangan pernah lupa untuk menginjak rem! Karena husky-husky ini gak tau kapan harus berenti kalo bukan yang berdiri di belakang yang menginjak rem. Kejadian sih kemarin ada yang lupa menginjak rem sampe kita yang berdiri di dekat area sleding hampir ketabrak husky hahahaha. Setelah semua merasakan Husky Riding kami diantar kembali ke bis untuk melanjutkan perjalanan.

Sebenernya ada apa di Teriberka? Jadi Teriberka itu dulunya adalah Kota Pelabuhan dan Perikanan tapi sejak tahun 1960-an kota ini mulai ditinggalkan penduduknya karena ada Severomosk yang menjadi Kota Pelabuhan baru. Jadi bisa dibilang sekarang Teriberka kaya kota mati. Teriberka sendiri pernah jadi tempat syuting film “Leviathan”. Gue sendiri belum pernah nonton film itu. Namanya Kota Pelabuhan, di Teriberka kita tentu saja bisa melihat laut lepas yang langsung mengarah ke Laut Arktik. Di Teriberka juga ada winter waterfall. Unik kan bisa ke air terjun di musim dingin.

Nah, tapi perjalanan kali itu gak semulus kemarin-kemarinnya. Baru jalan sekitar 30 menit tiba-tiba bis berhenti. Awalnya gue pikir cuma mesin mati dan perlu distarter ulang aja. Beberapa kali Anatoliy berusaha menyalakan kembali mesin mobil dan gue dengar dia bilang ke Vitaliy kalo gak bisa. Dimulailah disaster hari itu. Satu jam kemudian, tetap gak ada hasil dan gue yang sudah lapar bingung gimana karena makanan yang dibeli ditinggal semua di hotel.

Masuk ke jam kedua, peserta trip udah mulai berisik. Gue juga udah mulai ngantuk dan kedinginan karena bis mati dan tentu saja heaternya mati. Bodohnya, pintu bis dibuka ya makin kedinginan dong. Vitaliy bilang akan ada bantuan dari Kota dan mereka memperbaiki bis di tempat saat itu juga. Hari semakin sore dan gue udah kesel, nih. Peserta trip udah ada beberapa kali bolak-balik ke toilet yang jarak tempuhnya bisa setengah jam. Gue udah gak kepikiran mau pipis. Saat itu dingin, lapar, kesal, gak ada sinyal, dan gak tau itu di mana karena cuma jalanan lurus bersalju.

Di jam ketiga Vitaliy membawakan teh panas dan coklat. Gue udah lapar banget jadi apa yang ada gue sikat aja walaupun udah kesal banget dan dia masih sempat ketawa cekikikan sama peserta asal Thailand. Sumpah gue kesel. Gue tanya dong apa kita masih akan tetap melanjutkan perjalanan ke Teriberka? Dia jawab iya! Gimana bisa? Saat itu udah jam 15:00 dan udah mulai gelap kaya jam-jam Magrib di Jakarta, sedangkan jarak tempuh ke Teriberka 2 jam Dapat dipastikan sampe sana udah gelap banget. Gue ngomel dong ke dia dan dia dengan entengnya bilang kalo ke sana saat gelap juga worthed! Apa yang mau diliat coy? Mau bego-begoin gue apa gimana nih? Gue merasa dirugikan banget sih, hari itu waktu gue kebuang sia-sia karena bis rusak dan gak ada solusi.

Semakin gelap, Vitaliy meminta semua peserta keluar bis dan membantu untuk mendorong bis. Dia sebut “5 minutes miracle”. Gue udah kesel banget, gue gak mau bantu karena menurut gue useless. Bener aja, Anatoliy bilang gak bisa dan Anatoliy menyuruh masuk ke dalam bis. Gak lama dari itu akhirnya dia bilang akan ada bantuan van dari kota yang akan menjemput. Shit! Kenapa gak dari sejam pertama aja sih? Kami mesti menunggu sejam lagi sampe akhirnya van bantuan datang. Gak ada instruksi harus ngapain tiba-tiba gue gak dengar berisik-berisik dari peserta di kursi belakang. Ternyata mereka udah turun duluan lewat pintu tengah! Gue pikir pintu cuma satu aja di depan gue. Gue cepat-cepat turun dari bis dan masuk ke van yang udah tersedia. Karena peserta cukup banyak jadi dibagi menjadi dua van tapi saat itu van yang satu belum datang. Bodo amat pikir gue, gue masuk aja ke van yang pertama dan udah keisi 80%. Gila, kalo gue gak nengok ke belakang bis dan gak sadar peserta lain udah turun duluan mau nunggu berapa lama lagi?

Total 4 jam gue terbuang sia-sia karena kejadian bis mogok. Ngeselin banget dan Vitaliy sebagai guide gak informatif. Setelah terisi penuh, van jalan menuju pusat kota. Gue udah gak ada energi mau marah. Migrain kambuh pula dan akhirnya gue memutuskan untuk tidur. Memasuki kota, hp gue getar tandanya udah dapat sinyal nih. Gue langsung WA Ksenia, GM-nya V-Leto. Gue complain panjang lebar tentang kejadian hari ini dan gue minta kompensasi atas kerugian gue hari ini. Ksenia setuju trip hari ini diganti di keesokan harinya. Gue diantar ke depan hotel dan Vitaliy bilang jam 21:00 akan menjemput kembali untuk Aurora Hunting. Pengen gue katain rasanya. Saat itu udah jam 20:00 dengan keadaan belum makan dari siang dan kedinginan selama 4 jam udah gak kuat gue mesti Aurora Hunting malam itu. Gue langsung bilang gak perlu jemput, gue ikut Aurora Hunting yang besok malam!

Karena lapar banget dari siang belum makan, gue lari ke mall dekat hotel. Gue hampir kepleset beberapa kali tapi gak peduli yang penting sampe ke McD. Iya, lagi-lagi makan McD karena udah gak bisa mikir lagi mau makan apa selain McD. Gue langsung order dan rencana take away buat makan di hotel batal. Gak kuat. Gue makan di tempat.

Sampe hotel gue langsung mandi. Capek banget rasanya hari itu padahal gak ada aktifitas apapun yang menyita banyak energi. Capek karena kesal kayaknya hahaha. Hari pertama dapat guide yang responsible kayak Anya dan hari ini dapat guide ngeselin kaya Vitaliy bikin gue males juga ikut Aurora Hunting. Udah capek juga ngapain daripada bikin tambah kesal. Malam itu gue langsung tidur aja.

Pagi tanggal 28 Desember 2019 gue bangun dan berharap guide hari ini gak senyebelin Vitaliy. Hari ini gue kembali dijemput di depan hotel menggunakan van dan dapat guide yang berbeda, Ivan. Perjalanan Murmansk-Teriberka gue habiskan dengan tidur. Begitu bangun gue gak tau posisi saat itu di mana tapi bagus banget. Jadi saat itu van berada di jalan yang sebelahnya ada hamparan salju luas banget. Van berhenti sebentar di sana karena saat itu sunrise padahal udah jam 12:41. Iya, di sini sunrisenya jam segitu hahaha dan sunsetnya kira-kira sekitar jam 16:00. Gue turun untuk foto sebentar dan langsung masuk lagi karena walaupun sinar matahari terlihat jelas tapi percayalah, gak ada hangatnya sama sekali. Dingin banget malah karena anginnya kencang banget.

Perjalanaan kembali dilanjutkan daaaan tiba-tiba stuck. Gue yang trauma kejadian bis kemarin mogok jadi negative thinking. Untung bukan vannya mogok, tapi di depan ada truk pembersih salju yang membuka jalan karena saljunya tebal banget. Setelah truk pembersih salju membuka jalan kami bisa kembali melanjutan perjalanan. Tapi di jalan tiba-tiba badai, Angin kencang banget sampe bunyi angin terdengar. Selain itu karena jalanan bersalju, salju-salju itu terbang kebawa angin dan tentu aja jarak pandang terbatas. Di tengah badai, gue sempat melewati mobil mogok. Ya ampun, gak badai aja kemaren gue stres kejebak gara-gara bis mogok. Kesian banget deh mereka itu.

Setelah menempuh empat jam perjalanan, kami sampai di Teriberka dengan keadaan masih badai. Ivan menawarkan peserta yang mau ikut naik snow mobile untuk keliling Teriberka. Gue langsung bilang, “Нет, спасибо. Я буду ждать здесь(“Gak, makasih deh. Gue tunggu di sini aja”). Gak sanggup gue liat di luar badai gitu keliling naik snow mobile yang kebuka gitu, ya walaupun dikasih selimut, tetap aja cari mati namanya buat gue yang gak tahan dingin.

Gue gak ngerti lagi sih sama mereka, mungkin karena udah terbiasa sama winter jadi jauh lebih tahan dingin daripada gue si manusia tropis cupu ini. Di saat gue nunggu peserta yang naik snow mobile, si driver keluar dari van dan merokok. Merokok di tengah badai salju. Itu angin saking kencangnya sampe bisa bikin van goyang dong. Selesai merokok si driver balik ke van, begitu dia buka pintu van langsung berasa banget dinginnya karena angin kencang itu masuk juga. Sekitar setengah jam, peserta yang naik snow mobilei balik dan ada salah satu Bapak-bapak rempong yang buka sepatu di deket gue. Sepatunya ber-es. Bukan salju halus lagi tapi udah jadi es kaya ice cube. Wow, gak kebayang dinginnya sampe sepatunya ber-es gitu. Karena badai, itin gak semua dilakuin kaya ke winter waterfall dan ke pinggir laut Barents yang menghadap Laut Arktik. Yaa ya udahlah mau gimana lagi kita gak bisa melawan alam. Akhirnya kami balik ke pusat kota. Bayangkan kalo kemarin Vitaliy nekat tetap mau ke sini gelap-gelapan. Apanya yang worthed? Gue jadi kesal lagi sih kalo inget dia lagi.

Di perjalanan pulang, Ivan menawarkan peserta yang mau ke toilet untuk berhenti sebentar. Sebelum melanjutkan perjalanan dia membagikan coklat untuk semua peserta. At least gak kaya kemaren yang bener-bener kelaparan banget dan kedinginan. Perjalanan balik ke pusat kota Murmansk lagi-lagi gue habiskan dengan tidur setelah sebelumnya melihat keadaan di Teriberka yang bagai kota mati. Di jalan balik gue juga sempat melihat ada wrecking ship di Laut Barents yang berbatasan langsung dengan jalan.

Malam itu gue dijemput oleh guide yang berbeda lagi untuk Aurora Hunting malam itu. Namanya Aliona. Sama seperti Anya, tipikal cewek Rusia. Tapi bedanya, Anya suaranya kecil. Orang Rusia kan ngomong biasanya kaya ngegas, tapi Aliona gak begitu hahaha. Gue mencari Aurora malam itu di spot yang berbeda dari malam pertama. Auroranya tipis banget dan kami pindah ke tempat kedua. Di tempat kedua juga gak terlalu keliatan dibanding waktu malam pertama hunting.

Jam 00:00 kami diantar balik ke hotel dan gue lapar banget. Karena sampe hotel udah jam 00:30, ya apalagi yang gue makan selain McD hahaha. Berbeda dengan McD yang gue beli kemarinnya. McD yang gue tuju malam itu persis di sebrang hotel. McD stand alone. Gue pikir itu McD yang paling utara Bumi, ternyata gue salah haha tapi ya udahlah udah nanggung dan di situ ada tulisannya buka 24 jam. Gue pede ke sana tapi kenapa sepi? Gue masuk dan tanya managernya. Ternyata yang buka 24 jam khusus layanan drive thru. Ok, tapi gue gak pake mobil nih gimana? Menurut managernya gapapa tetap ke mesin aja untuk order. Keluar McD antrian drive thru udah panjang. Karena kedinginan gue minta izin sama mobil belakang gue yang berada dekat mesin untuk duluan. Orang tersebut malah bilang bareng aja ordernya. Drama malam itu terjadi. Waiter McD ngomel dan bilang gak mau melayani karena gue gak pake mobil. Ngeselin kan padahal managernya udah bilang bisa. Si Waiter itu digas sama si Laki-laki Rusia yang gue minta tebengin order intinya dia bilang, “Hey, dia bareng gue dan gue bawa mobil! Dia boleh order juga dong!” Akhirnya berkat bantuan laki-laki Rusia bermuka mafia tapi baik hati ini gue langsung diarahkan ke kasir untuk membayar orderan gue. Большое спасибо, молодой человек! Jadi, begitulah pengalaman gue order drive thru McD tapi gak pake mobil hahaha.

Makanan udah di tangan, gue kembali ke hotel dan makan di kamar. Setelah makan, gue mandi dan melakukan hal yang paling membuat gue malas: packing! Ya, trip di Murmansk akan berakhir besok dan harus pindah ke kota selanjutnya. Jadi, gue harus packing malam itu. Kelar packing, gue langsung tidur karena akan dijemput jam 04:00.

Pagi itu gue bangun dengan keadaan masih sangat mengantuk. Setelah siap, gue menunggu jemputan di lobby hotel sekalian check out. Gak berapa lama van datang dengan driver yang berbeda. Perjalanan dari pusat kota ke Bandara sekitar satu jam dan gue ketiduran karena bangun terlalu pagi. Tiba-tiba gue dibangunkan oleh driver karena gue belum bayar sisa trip hahaha. Driver mengingatkan untuk membayar tapi karena cash gak cukup, gue memutuskan untuk membayar secara online lewat link yang dikasih oleh Ksenia semalam sebelumnya. Sebenarnya gue udah mau bayar sejak hari pertama tetapi Ksenia mengharuskan gue ke kantor V-Leto dan saat gue mau bayar ke kantor tiap selesai trip, sampe ke pusat kota lagi udah di atas jam 17:00 dan kantornya udah tutup akhirnya ketunda melulu. Drivernya gak bisa Bahasa Inggris dan mungkin dia pikir gue gak bisa Bahasa Rusia jadi dia kasih hpnya ke gue buat baca WhatsApp dari Ksenia yang udah ditulis dalam Bahasa Inggris. Gue gak sengaja liat chat atasnya dalam Bahasa Rusia yang intinya begini, kalo dia belum bayar bawa balik ke pusat kota aja dan selesaikan pembayaran di kantor. HAHAHAHAHA. Bukan mau kabur nih, tapi bener-bener lupa padahal udah minta link pembayaran online dari semalam. Pembayaran benar-benar selesai beberapa menit aja sebelum sampe di bandara. Gue langsung tunjukkan bukti pembayaran ke driver dan mengirimnya juga ke Ksenia. Hampir gue gak jadi terbang karena lupa bayar trip atau malah nanti jadi headline di koran lokal kalo ada turis Indonesia gak bayar trip hahahaha.

Sampai di bandara, ya seperti biasa cetak boarding pass di check in counter dan menyerahkan bagasi. Ada kejadian lucu di Murmansk Airport. Seperti yang gue ceritakan di post ini, bandaranya kecil banget. Departure Terminalnya sih gak sekecil Arrivalnya tapi yang lucu adalah petugas di counter check in, petugas boarding room, driver bus, dan petugas yang mengantar penumpang sampe ke tangga pesawat adalah satu orang yang sama. Curiga dia juga yang jadi pilotnya sih hahaha. Setelah boarding dan pesawat take off gue melanjutkan tidur yang tertunda tadi di van karena masalah pembayaran. Ada yang bisa tebak ke kota mana lagi gue selanjutnya? Komen di bawah, ya!

Tagged: , , , , , , , ,

33 thoughts on “Year End Trip 2019: Russia Part 3

  1. Ratna March 13, 2020 at 10:49 PM Reply

    Beruntung sekali bisa lihat aurora. Ternyat ga hanya di negara-negara skandinavia aja yang ada auroranya?

    • Khairunnisa Siregar March 16, 2020 at 10:52 PM Reply

      Iya mbak Ratna akupun baru tau ternyata di Rusia bagian utara kebagian Aurora juga. Selama ini kita taunya di negara skandinavia aja kan. Lebih murah juga kalo mau liat aurora di Rusia dibanding ke skandinavia hehehe

  2. deddyhuang.com March 17, 2020 at 11:27 AM Reply

    seru banget sih perjalanan lu, Nis. yang bikin lu emosional itu gimana di rusia?

    • Khairunnisa Siregar March 26, 2020 at 9:37 PM Reply

      Soalnya dulu aku kuliah Sastra Rusia Ko trus udah lama banget pengen ke Rusia jadi emosional hahaha apalagi ke tempat tempat yang dulu cuma bisa diliat di buku pelajaran aja hahaha

  3. Nasirullah Sitam March 26, 2020 at 2:25 PM Reply

    Aurora di Rusia itu jarang terekspos, entah karena banyak orang yang fokus ke belahan utara benua eropa. Haahahahahahha. Saya kebayang kalau ke Rusia bakal takjub dengan bangunan-bangunannya, dan kepikiran kalau ke Rusia pengen merasakan suhu minus di Kazan

    • Khairunnisa Siregar March 26, 2020 at 9:42 PM Reply

      Iya bener Mas memang orang taunya kalo mau cari aurora ke negara skandinavia. Banget mas aku aja bengong bengong dulu pas sampe di Red Square. Ah iya Kazan juga bagus sih sayang kemaren belom sempet. Aku doain segera bisa ke Kazan ya mas

  4. Ibadah Mimpi March 27, 2020 at 2:26 AM Reply

    Wahhh gokil perjalanan di Rusianya mbak. Kejebak di cuaca dingin sambil nungguin bus mogok berjam-jam itu pengalaman yang gak terlupakan kayaknya. Haha

    Salam hangat dari kami Ibadah Mimpi

    • Khairunnisa Siregar March 29, 2020 at 10:10 PM Reply

      Gak terlupakan banget Mas walaupun kesel juga tapi jadi ada ceritanya sendiri hahaha

  5. Si Ogie March 27, 2020 at 2:29 PM Reply

    Gue bingung mau komen apa hahahahhaa. Saking banyaknya yang mau gue komentarin soal trip ini 😂

    Tapi anyway itu sangat ngeselin yang stuck berjamjam karena mogok, gue pernah tapi di tol SEMARANG WKWK jam 12 malem. Harusnya dari awal mereka mogok udah langsung minta support dari pusat biar bisa melanjutkan perjalanan, bukan malah nunggu berjamjam.

    Anjir itu gimana cerita sih McD drive tru tanpa mobil WKKWKW.

    • Khairunnisa Siregar March 29, 2020 at 10:12 PM Reply

      Yakan bener kan Kak Ogie pernah ngerasain keselnya mogok berjam-jam padahal harusnya dari awal bisa minta bantuan malah penumpang disuruh nunggu berjam-jam gak jelas. Hahahaha itu dia sih aku juga baru kali itu tau drive thru gak pake mobil 🤣

  6. Matius Teguh Nugroho March 29, 2020 at 10:20 PM Reply

    Kebayang sih betapa kalut perasaan saat bus mogok. Udah capek, laper, kedinginan, mati gaya, jadilah makin kesel. Itu Vitaliy gak peka amat jadi orang. Baru sampe jam 8 setelah terjebak seharian masak iya jam 9 udah disuruh kumpul lagi. Would be better kalo dia at least bertanya dulu, “Eh, kita sesuai rencana mau hunting aurora jam 9 malem. Mau ikut apa istirahat aja?”

    Itu waiter McD idealis amat. Yang penting kan dibayar, Otong. Masalah amat bawa mobil apa kagak.

    Petugas di Murmansk Airport multi-talented ya, haha. Sehat terus, bang petugas. Kamu sangat dibutuhkan.

    • Khairunnisa Siregar April 7, 2020 at 10:56 AM Reply

      Iya banget Mas Nugie kesel banget udah capek malah tetep maksa sesuai itin. Hahaha iya tuh di McD padahal managernya aja udah bilang bisa malah waiternya bilang gak bisa. Iya itu kocak banget sih petugas di Murmansk Airport bener-bener multi-talented sampe berapa jobdesc dia lakuin hahaha.

  7. ariefpokto March 29, 2020 at 11:49 PM Reply

    Seru amat ceritanyaaa. Mulai ketemu husky, liat Aurora. Pesen drive thru ga pakai Mobil. Apa dong istilahnya? Beli lewat? Wkwkwkkwkwkwwkwkkww

    Perkara guide, di seluruh dunia selalu ada aja yg misleuk. Walau satu perusahaan ya. Ada yg baik ada yang ngeselin. Mesti banyak2 doa dan berani komplain kalau kasusnya kayak di atas

    Oya, FYI gue selalu bawa makanan di tas kalau trip. Energy bar lah minimal. Kalau kejadian kayak si anatoly itu minimal buat ganjel

    • Khairunnisa Siregar April 7, 2020 at 10:57 AM Reply

      Hahahaha makanya Kang baru denger kan kalo ada drive thru tapi gak pake mobil. Bener, Kang gak di mana-mana ya ada aja guide ngeselin. Iya nih pelajaran banget abis itu aku jadi bawa cemilan jaga-jaga gak bisa nemu buat beli makanan.

  8. Syaiful BS March 30, 2020 at 1:51 PM Reply

    Yampun kak, aku antara kesel sama ngakak sih pas baca part kaka order McD. Sering terjadi yaah kak, aku kira di Indonesia aja yang kadang suka misscommunication, eh sekelas Rusia aja juga begitu yaah maaf hehe. Ngakaknya, pas Pria yang bertampang Mapia tapi berhati mulia itu loh hahaha. Seru banget sih yaa kak asli, Aku envy banget liat foto-fotonyaa 😦

    • Khairunnisa Siregar April 7, 2020 at 10:58 AM Reply

      Iya aku juga gak berenti ketawa pas order di McD itu baru tau ada drive thru gak pake mobil hahaha. Gak disangka banget ketemu cowok muka mafia berhati mulia itu hihi. Makasih udah mampir ya Kak Syaiful.

  9. dgoreinnamah March 30, 2020 at 5:43 PM Reply

    Kok gue bacanya Beribenka sih? 😂

    Pas hari kedua ke Teriberka, bareng rombongan lain yang kemaren juga?

    Klo baca soal dinginnya, kayaknya dingin banget ya. Gue padahal ada rencana foto telanjang gitu klo sampe ke Murmansk atau kota di sekitar sana. Ahahahah

    Anjir, isi perut lo bener-bener gelandangan kayaknya ya. Laper mulu

    • Khairunnisa Siregar April 7, 2020 at 11:00 AM Reply

      Butuh belanja ya lu ingetnya jadi Beribenka wkwkwk. Dingin banget anjir apalagi buat mahluk cupu kek gue yg ke puncak aja udah kedinginan. Coba aja foto telanjang sambil freeletics lu kali jadi gak dingin. Perut gue bukan isi gelandangan tapi ada black holenya hahahahahaha.

  10. Nurul Sufitri April 2, 2020 at 9:04 AM Reply

    Mc. D emang udah jadi teman sejati ke mana pun pergi hihihihii 🙂 Ga apa2 lah yaw ga pake mobil juga belinya, kan pakai kaki wkwkwkwkw 😀 Ya begitulah guide kadang ada yg oke cocok, kadang ada yg nyebelin. AKu suka deh sama cerita2 Mbak Nisa jalan2 di Rusia, lihat aurora dan fotoan sama husky, mantul 😀

    • Khairunnisa Siregar April 7, 2020 at 11:01 AM Reply

      Iya bener Mbak Nurul di mana-mana ada aja ya guide nyebelin. McD memang penyelamat ya hahaha kalo udah kepepet yawda makan McD aja yg gampang. Makasih udah mampir ya Mbak Nurul 😁

  11. Fery Arifian April 3, 2020 at 9:47 AM Reply

    dari dulu aku sering ngebayangin gimana ya rasanya ke tempat yang lagi winter gitu, pas baca postingan ini langsung mikir2 lagi. secara aku anaknya gak betahan sama dingin, dingin dikit pasti udah meler nih hidung hehe. btw gabisa bayangin sih kejebak di tengah salju posisi kendaraan juga stuck. tapi keren sih auroranya kebayar banget.

    • Khairunnisa Siregar April 7, 2020 at 11:02 AM Reply

      Aku juga sebenernya gak kuat dingin Kak Fery. Ini aja bekel heatpack banyak banget saking takut kedinginan. Coba sekali aja jalan pas winter hihi. Repot sih tapi seru pengalaman baru hahaha. Iya banget untungnya dapet Auroranya jadi kebayar.

  12. Vicky Laurentina April 4, 2020 at 6:39 AM Reply

    Thanks, Icha. Jarang banget gw baca review trip ke Rusia karena paket tour Rusia jarang dipromosikan di travel agents di Indonesia. Mungkin karena negaranya terlalu dingin kali ya? Dan kalo guidenya kayak Vitaliy gini, gw pasti bawaannya pingin ngamuk juga 🙂

  13. sikiky April 4, 2020 at 11:07 AM Reply

    St petesburg pasti! ke blog ini gara gara postingan Murmanks, terus ngebatin scrol foto foto di bawah rasanya pernah ketemu di mana ya…ternyata kita pernah salsa bareng ya sama Vera di ABC connect! hahahah!

    • Khairunnisa Siregar April 7, 2020 at 11:05 AM Reply

      Ketebak banget ya Mbak tujuannya ke mana hahaha. Waduh hahaha ternyata ketemu Mbak Kiky di blog aku. Iya mbak nanti kita ketemu lagi di tempat salsa ya kalo pandemi ini udah berakhir.

  14. Mechta April 5, 2020 at 1:34 PM Reply

    Woow..gak kebayang bagaimana dinginnya di sana euy. Tapi..bisa lihat Aurora jadi worthed lah ya..

    • Khairunnisa Siregar April 7, 2020 at 11:07 AM Reply

      Dingin banget Kak aku sampe udah bekel heatpack banyak banget saking takut kedinginan hahaha walaupun tetep berasa dinginnya sih. Iya Alhamdulillah banget nemu Auroranya jadi kebayar hihi.

  15. SANG SAKA HITAM April 28, 2020 at 8:00 PM Reply

    Wah.. bestnya dapat jalan jauh ke negara orang..

  16. Sintia Astarina June 8, 2020 at 12:01 AM Reply

    Sumpah yaaa Rusia nih cakep abiisss! Masukin dulu ke bucketlist, semoga habis pandemi bisa ke sana. Amiinnn 😀 Anyway salam kenal, ya!

    • Khairunnisa Siregar June 8, 2020 at 4:13 PM Reply

      Iya Kak Rusia cakep banget aku juga belom puas masih mau balik lagi hihihi. Amiin amiin semoga setelah pandemi bucketlistnya ke Rusia bisa segera kechecklist ya Kak. Salam kenal juga Kak Sintia. Makasih udah mampir 😁

  17. rimbahidup July 11, 2020 at 9:54 PM Reply

    Keren, Mbak. Rusia memang mengesankan..

    • Khairunnisa Siregar July 12, 2020 at 9:20 PM Reply

      Iya ngangenin banget Rusia hahaha masih pengen balik lagi sih jadinya. Makasih ya udah mampir

  18. Pintor February 17, 2021 at 1:27 PM Reply

    Cha, email dong, mau liat foto-foto yg lain

Leave a comment